Elrecipy.com

Cilok Kenyal Sambel Kacang


Tiap sore di depan rumah saya penjual siomay dan cilok sepeda keliling itu lewat, sesekali beli karena mulut ini ingin makan jajanan jadul ringan. Tapi sekarang karena mertua sudah tinggal disebelah rumah saya jadi tak lagi menjadi pelanggan si tukang siomay cilok itu.



Kadang kalo lagi ngiler jajan itu si mama langsung menahan agar tak usah beli dan nanti akan dibuatkannya saja. Mamaku ini memang rajin buat penganan selain dia memang hobi masak, juga ditempa dari pengalamannya dulu waktu berjuang menyekolahkan anak-anaknya. Tak boleh jajan karna persediaan uang tak banyak, juga karna mama orang yang mementingkan kebersihan. Well, kita tau memang para penjual keliling itu pasti menggunakan alat masak ala kadarnya..



Jadi di pagi harinya aku menagih janji mama untuk membuatkan jajanan jadul ini. Yang membuatku mabuk kepayang dengan jajanan ini karena mama melengkapinya dengan sambel kacang kesayangan. Rasanya nomero uno kalo kata orang bule.
Resep sambel kacang si mama mertua ini memang mantap, nanti akan saya ulas tersendiri ya.. ;)


Panganan ini selain disuka anak anak, orang dewasa pun doyan menyantapnya seperti saya.. hehehe.
Mama mertuaku ini memang suka sekali membuat jajan pasar seperti ini, karenanya dia dengan senang hati membuat untuk menepati janjinya.

Mari kita lihat resep dan cara membuatnya ya.. ;)

Cilok kenyal sambel kacang

resep mama mertua

Bahan-bahannya:

- 500 gr tepung terigu
- 500 gr tepung tapioka/tepung sagu
- 3 buah bawang putih, haluskan
- 2 sdm garam
- 1 sdt kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur merk totole)
- 3 lembar daun bawang, iris tipis

Cara membuatnya:


Rebus air 1 panci untuk menguleni tepung terigu. Siapkan wajan/ baskom, campur tepung terigu, bawang yang telah dihaluskan, garam, dan kaldu bubuk dengan air mendidih, uleni sampai tercampur rata. Menguleni terigu harus dengan air mendidih agar terigu matang sempurna, apabila menggunakan air dingin biasa terigu tidak bisa matang dan nanti cilok yang dihasilkan akan terasa tepung mentah.
Setelah terigu rata tambahkan tepung sagu, uleni terus sampai adonan tepung kalis. 
Kemudian siapkan daun bawang, iris tipis.


Uleni adonan tepung dengan daun bawang sampai tercampur rata. Kemudian bentuk bulat sebesar ibu jari atau sesuai selera.


Rebus dalam air mendidih, tunggu sampai bulatan mengapung yang menandakan bahwa cilok sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Saatnya membuat sambal pelengkap.

Sambel Kacang

Bahan-bahan:

- 500 gr kacang tanah
- 200 gr gula merah
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdm asem jawa
- 2 lembar daun jeruk purut
- air secukupnya

Cara membuat sambel kacang:


Siapkan wajan, panaskan minyak untuk menggoreng kacang dan bawang putih. Setelah matang haluskan kacang beserta semua bumbunya.


Setelah semua dihaluskan, siapkan panci, letakkan kacang yang sudah dihaluskan beserta bumbu campur dengan air. Masak sampai mendidih. Sesuaikan rasa asin dan manisnya dengan menambahkan garam atau gula.
Matikan api dan angkat.
Sambel Kacang ini juga lezat sekali dipasangkan dengan siomay ataupun batagor. Bisa juga dijadikan sambel pecel, tinggal ditambah kencur secukupnya lalu dihaluskan ya. Rasanya boleh dicoba deh.. manis, legit, pedas, dan maknyosss... ;)

Untuk penyajiannya:

Siapkan cilok di mangkok, siram dengan bumbu sambel kacang. Sajikan hangat. Cilok siap disantap..;)
Selamat mencoba dan menikmati yaa..


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments: