Elrecipy.com

Flower Cookies - Kukis Tanpa Telur yang Renyah



Kemalasan memang sedang melanda saya belakangan ini. Sedih rasanya melihat artikel blog ini yang tak kunjung bertambah, tetapi kemalasan saya mengalahkan kesedihan saya itu. Penyakit nih memang, hush hush hush, pergilah jauh-jauh.. Pusing juga melihat saya yang begitu malasnya menulis walaupun foto-foto sudah semakin menumpuk di folder foto blog. Maklumin saya ya teman, penyakit 'malas' ini sedang hinggap berlama-lama di tubuh saya. Hadeh...

Beberapa waktu yang lalu akhirnya saya bereksperimen juga dengan cookies setelah sekian lama vakum. Sekitar 2th yang lalu ketika masih ada asisten rumah tangga saya yang membantu, saya sempat membuat beraneka macam cookies untuk hantaran lebaran. Tapi saat ini dikarenakan sudah tidak ada asisten lagi yang membantu, saya pun menyerah tak lagi sanggup membuat cookies sampai bertoples-toples itu. Namun kemarin saat saya sedang blogwalking dan menemukan gambar setoples cookies cantik yang resepnya sederhana dan tak memerlukan sebutir telurpun, saya tergelitik untuk mencoba membuatnya hadir di meja saya juga. ^_^. Ah, so simple kok, pikir saya... Kemudian saya mencari kembali catatan resep cookies warisan dari keluarga mama. Ada banyak resep cookies disana, salah satunya resep tanpa telur yang sedang saya cari ini. Yes, dan segera berlari ke dapur untuk eksekusi.



Yup, resepnya mengatakan tak memerlukan sebutir telur pun, itu sebabnya cocok buat anda dan keluarga anda yang mempunyai alergi terhadap kandungan telur. Walaupun tak menggunakan telur, cookies ini tetap nikmat dan renyah kok. Bener deh. Selain itu kandungan gula yang tak banyak membuat rasanya,, hmm. Dan bila anda sedang melakukan diet gula, panganan ini sedikit pas untuk selera anda. ^_^      

 Mari kita langsung eksekusi saja.. ^_^

Flower Cookies tanpa telur

resep by keluarga

untuk 1 toples

Bahan-bahan:

- 80 gram gula bubuk (anda bisa menggunakan gula pasir yang diblender)
- 175 gram mentega
- 175 gram tepung terigu
- 45 gram tepung maizena
- seujung kuku garam

Cara membuat:

Panaskan oven.

Siapkan loyang untuk memanggang kue kering, olesi dengan mentega, sisihkan.


Siapkan mangkuk mixer, kocok mentega dan gula halus sampai pucat. 

Kemudian tambahkan tepung terigu, garam, dan tepung maizena dengan cara diayak terlebih dahulu, aduk rata menggunakan spatulla sampai semua adonan rata dan tercampur baik.


Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga, gunting ujungnya pas sebesar lubang spuit cetakan agar memudahkan adonan disemprot keluar.

Masukkan plastik yang berisi adonan itu ke dalam plastik segitiga yang berisi cetakan spuit. Dan semprotkan di atas loyang yang sudah dioles margarin.


Terserah anda bagaimana anda ingin membentuk si bunga kukis ini. Silakan berkreasi ya.. ^_^


Kemudian panggang dalam oven panas, selama kurang lebih 15 menit atau jika kue telah berwarna kecoklatan.


Keluarkan dari oven dan dinginkan sebelum dimasukkan ke toples. Pastikan kukis sudah benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke toples ya.

Gampang kan ya? Silakan mencoba. ^_^










Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment