Elrecipy.com

Sus Vla Vanila Bentuk Eclair Tapi Tanpa Coklat yaa..

sus vla
Resep sus sendiri sudah pernah saya posting sebelumnya, jika anda belum sempat membaca tinggal buka ya Sus Krim. Iya, tapi yang dulu saya pernah membuat itu berisikan buttercream bukan vla vanila. Tapi untuk bahan kulit dijamin sama kok bentuknya saja yang beda, karena kemarin saya sedang sangat bosan dengan si rumah keong.. ^_^

sus vla vanila
Sebenarnya pembuatan sus ini karena dipengaruhi oleh persediaan kuning telur yang mendadak banyak. Dalam rangka mendukung program diet makanan sehat protein tinggi buat si papa, banyak putih telur yang dibutuhkan untuk konsumsinya setiap hari. Sedangkan si kuning telur terpaksa antri untuk menjadi lauk makan si bos kecil. Nah karena setiap hari jumlahnya bertambah cukup banyak alhaasil kuning telur menginap terus di kulkas. Ya kan gak setiap makan pagi siang sore si boscil menyantap kuning telur to? Bisa "cononen" dia, istilah orang Jawanya, atau bisulan bahasa Indonesianya karena terlalu banyak protein telur.

Dan beberapa waktu lalu iseng buka-buka resep, dan menemukan resep sus vla ini, dimana untuk vla dibutuhkan 2 sampai 4 kuning telur. Lumayan,, pikir saya, bisa untuk mengurangi jumlah kuning telur yang semakin menumpuk di kulkas.

sus vla vanila

sus vla vanila
Dan, langsung di eksekusi. Awalnya pembuatan kulit susnya lancar. Saya menggunakan resep yang sudah pernah saya coba sebelumnya. Terbukti memang kulit sus berhasil mekar dan cantik juga enak.
Nah lalu untuk proses berikutnya yaitu pembuatan vla vanila. Berhubung saya belum pernah membuatnya, karena sepertinya saya sudah 'manut' sekali dengan resep yang saya temukan by googling, tapi kok hasilnya encer bin encer sekali. 

Tak habis akal, saya kemudian tanya ke master (mertua saya), katanya 'Tambahkan maizena saja!' kemudian saya lakukan saja itu sarannya. Yes, ternyata berhasil, adonan vla saya kental. Karena girang setelah dingin saya masukkan ke kantong spuit segitiga dan menyemprotkannya ke dalam sus yang telah matang. Lagi-lagi tak berjalan mulus, beberapa kali plastik segitiga saya jebol. Saya pikir, okelah gak apa apa, saya jagain kuat-kuat agar semua sus berhasil diisi vla. Dan jadilah sus vla vanila saya.

Tak lama berselang ketika mencoba satu gigitan, kok vla nya gak selembut yang dijual-jual itu yaa, agak mengeras pikir saya. Dan saya bawa beberapa sus vla ke sang master. Dan ternyata memang benar, vla saya kurang lembut, dan kembali sang master memberi masukkan, "tambahkan susu saja lagi tapi sambil dimasak diatas api, sampai agak encer dan adonan lembut". Buru-buru saya kembali ke rumah dan melakukannya.

Kali ini berhasil. Sus vla saya berubah jadi empuk dan enak. Ternyata plastik segitiga yang sering jebol itu disebabkan karena adonan vla yang kurang smooth. Hihihi, jadi pengalaman ya membuat vla pertama. Dan resep vla vanila berasal dari modifikasi sendiri deh.
sus vla vanila

Untuk resep sus nya ini saya tuliskan lagi ya teman.

Sus Vla Vanila


Bahan membuat kulit sus:

- 70 gram tepung terigu
- 57 gram mentega
- seujung sendok teh garam
- setengah sendok teh gula pasir
- 2 butir telor, kocok lepas 

- 120 ml air

Bahan vla vanila:

- 4 buah kuning telur
- 100 gram tepung maizena
- 1 sendok teh vanila bubuk
- 100 gram gula pasir
- 500 ml susu cair
- 50 gram mentega

Cara membuat kulit sus:

Panaskan oven set suhu 200'C.
Siapkan loyang pemanggang dan alasi dengan kertas roti.

Siapkan wajan anti lengket. Panaskan mentega sampai lumer, kemudian tuang air masak sampai mendidih. 

Lalu masukkan tepung terigu, garam dan gula pasir. Aduk aduk sampai tercampur rata dan membentuk adonan. Masak dengan api kecil saja. Uleni menggunakan spatula kayu sampai adonan kalis, tak lengket di wajan. 

Matikan api dan hilangkan uap panas, diamkan sampai adonan agak dingin.



Untuk mempercepat mendinginkan adonan tepung tadi, kocok adonan menggunakan mixer dengan speed rendah sampai membentuk butiran kasar.

Sementara itu kocok telur. Lalu tuang ke adonan tepung, kocok menggunakan speed rendah sampai adonan menjadi sangat lengket.



Matikan mixer, kemudian masukkan adonan ke kantong plastik segitiga, pasang juga spuit bentuk kembang di ujungnya, lalu cetak/ semprotkan adonan diatas loyang yang sudah dialasi kertas roti. 

Kali ini saya membentuknya seperti eclair ya. Hanya menyemprot dengan cara memanjangkan saja, tidak melingkar-lingkar.Beri jarak antar adonan ya. Kira -kira 1 loyang bisa cukup sampai 6 buah sus. Dan 1 adonan kulit sus ini bisa menjadi kurang lebih 15 buah.

Kemudian panggang dalam oven kurang lebih selama 15 menit di suhu 205'C, kemudian turunkan suhunya menjadi 180'C dan lanjutkan memanggang selama 30 menit sampai permukaan kulit sus menjadi berwarna kecoklatan dan mengembang. 

Apabila anda menggunakan oven tangkring, pertama panggang oven pada api besar selama 15 menit kemudian kecilkan api ke batas sedang sampai kulit sus berwarna kecoklatan dan matang kurang lebih selama 30 menit. 

Keluarkan kulit sus yang telah matang dan dinginkan.

Iris bagian tengah kulit sus ini tapi jangan sampai putus ya. 


Cara membuat vla vanila:

Didihkan susu cair.

Sementara itu campurkan maizena dengan kuning telur di wadah terpisah, aduk rata menggunakan kocokan balon.

Tambahkan vanila bubuk. Aduk rata.



Kemudian, apabila susu sudah mendidih, angkat, dan tuangkan susu panas ke dalam adonan maizena dan telur tadi. Aduk rata menggunakan kocokan balon. Kemudian panaskan lagi dengan api kecil sambil aduk hingga rata.

Nah disini anda bisa mengira-ira, apakah adonan sudah smooth atau belum. Jika adonan sepertinya kurang encer, tambahkan susu cair, dan masak kembali di atas api kecil sampai rata dan didapat adonan yang smooth.

Kemudian angkat dari api, dan masukkan mentega, aduk hingga rata.

 Setelah itu, dinginkan vla, dan masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 2 jam.

Lalu masukkan vla ke dalam kantong spuit segitiga, semprotkan ke dalam kulit sus sampai semua kulit terisi vla.

Sus vla siap dinikmati. ^_^
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment