Elrecipy.com

Ayam Sawi Masak Kecap (Krengsengan Ayam)

ayam sawi masak kecap

Kali ini menu sarapan sampai makan malam saya salah satunya ayam dan sawi yang dimasak pake kecap seperti ini. Saya jatuh hati ketika bunda nina di blognya menuliskan resepnya. Sepertinya enak sekali, ayam dan kaldunya dicampur dengan kecap dan bumbu bumbu lain. -biasalah lidah jawa sukanya yang manis-manis. Tapi saya sedikit memodifikasi dengan cara saya sendiri, boleh yaa..

Dan dalam hati pun berujar, besok kapan kalo punya ayam, sebagian mau dimasak seperti ini saja. Biar ada variasi makan ayam, tidak melulu di goreng, di soto, ataupun di opor.

ayam sawi masak kecap

Dan tibalah saya akhirnya beli ayam. Lumayan saya beli ayam kali ini, lumayan murah dan lumayan besar. Satu ekor dihargai empat puluh ribu rupiah tapi besarnya itu sampai saya bingung bakalan dimasak apa, karena untuk membuat krengsengan ini untuk semangkok besar cuma perlu 2 potongan paha sayap saja. Tobat deh, harus cari cari resep yang lain yang menarik lagi biar yang dimasakkin gak bosan..

Sebenarnya bahan-bahan membuat ayam sawi ini cukup gampang. Seperti saya yang suka menyimpan beberapa buah tomat di kulkas, daun bawang, telur, dan sawi yang sore kemarin saya menyempatkan diri memetiknya di kebun Omanya si boscil. Hehehe, panen ceritanya. ^_^

ayam sawi masak kecap

Dan cara membuatnya?

Gampang, yuk disimak.

Ayam sawi masak kecap


Bahan-bahan:

- 250 gram ayam, rebus sampai empuk, ambil kuah kaldunya, suwir suwir daging ayamnya
- 250 ml air kaldu
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 1 butir telur
- 1-2 ikat sawi, potong-potong
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 buah tomat, belah 8
- 10 sdm kecap manis
- 1 sdt gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 2 sdm minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Panaskan minyak, buat orak arik telur, apabila sudah matang, sisihkan ke bagian pinggir wajan.

Masukkan bawang putih masak sampai harum, kemudian masukkan suwiran ayam, bila suka sekalian masukkan juga bersama tulang-tulangnya. Aduk-aduk rata.

Tambahkan air kaldu, garam, gula, merica bubuk, kecap manis. Aduk rata dan tutup sebentar sampai mendidih, dan bumbu meresap.

Setelah itu masukkan tomat dan sawi, aduk aduk rata.

Cicipi rasanya.

Masak sampai tomat dan sawi layu.

Apabila anda pecinta pedas, boleh masukkan irisan cabai rawit, atau boleh juga dihaluskan bersama bawang putih.
Kalau saya berhubung memasak untuk si boscil sekalian jadi tanpa cabai deh.

Nah jika sayur sudah layu dan bumbu sudah meresap sempurna dan rasa sudah pas, matikan api.

Siapkan di mangkok saji. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

Duhh, nikmatnya.. rasa gurih dan manisnya itu lho. Menjadi teman si nasi hangat sangat cucok sekali.
Atau cuma mau digadoin aja enak sekali..

Selamat mencoba ya..^_^
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment