Elrecipy.com

Cake Kukus Ketan Hitam - Black is Sweety


Cake kukus ketan hitam ini bermula dari sebuah request dari seorang tetangga yang teramat cantik. Beliau bilang "Cobain buat cake ketan item dong mbak... ", memang sih saya belum pernah mengutak atik cake menggunakan bahan selain terigu. Dan cake hitam kali ini adalah percobaan pertama saya. Not bad kan penampakannya? #pedemodeON.. ^_^


Requestnya sudah lama, tapi baru hari ini berhasil diwujudkan. Dari seminggu yang lalu saya memang sudah berencana mengeksekusi cake hitam ini. Saya menyempatkan ke pasar modern demi mendapatkan setengah kilogram beras ketan hitam. Sesampainya di rumah saya cuci bersih dan memasaknya di Cosmos, si penanak nasi. Setelah beras hitam ini matang, kemudian saya baru mencari-cari resep yang kira-kira pas. Saya searching di google, dan kemudian saya frustasi. Ternyata saya salah membeli bahan. Pede banget saya membeli setengah kilo beras ketan hitam yang saya pikir beras yang sudah matang nanti akan diblender kemudian dicampurkan ke adonan cake yang seperti biasa saya buat. #tepokjidat. Ternyata cake ketan hitam saya masih harus berakhir di angan-angan. Karena seharusnya saya membeli tepung ketan hitam dan bukannya malah beras ketan hitam. Hahahaha..

Akhirnya si ketan hitam yang telah matang tadi hanya menganggur di kulkas semalaman. Akan diapakan ya ketan hitam ini, kasihan sekali. Untungnya keesokan harinya mama mertua punya ide brilian untuk menyantapnya bersama dengan parutan kelapa yang gurih. Jadi deh kelapa ketan.. ^_^

Dan kembali ke cake kukus hitam ini. Baru kemarin saya sempat ke pasar lagi dan benar-benar sudah saya persiapkan bahwa saya hanya akan membeli tepung ketan hitam yang khusus untuk membuat beraneka macam panganan, tidak boleh salah lagi. ^_^

Yuk lanjut ke resep. Untuk resep kali ini saya mengadaptasi dari blog resep milik Ibu Lily Wai Sek Hong, dengan melihat sekilas sepertinya sangat cocok dengan selera saya yang menginginkan black cake ini yang moist, manis dan gurih, karena terdapat penggunaan santan di dalam adonannya. Di resep tertulis juga penggunaan ovalet, tapi saya skip ya karena saya menginginkan cake tanpa unsur kimia didalamnya. Maklum, prinsip meminimalisir bahan kimia di keluarga besar saya masih berlanjut sampai sekarang. Menambahkan ovalet, TBM, atau bahan pelembut kue lainnya juga membuat aroma dan rasa yang agak berbeda jika dibandingkan dengan cake tanpa tambahan apapun. Dan walaupun tidak menambahkan ovalet di resep ini, black cake saya tetap lembut, enak dan laris manis. ^_^

Komposisi tepungnya sendiri juga saya mix dengan tepung terigu 100gr karena saya hanya membeli satu bungkus 250gram tepung ketan hitam. Dan sekali lagi saya membeli tepung sebelum melihat resepnya. #sepertinya saya memang terlalu pede ya teman? ^_^

Berikut resep dan caranya. Monggo disimak ya..

Cake kukus ketan hitam

resep diadaptasi dari Lily Wai Sek Hong - Black Beauty Cake

untuk 1 loyang tulban diameter 22cm

Bahan-bahan:

- 350 gram tepung ketan hitam (saya menggunakan 250gr tepung hitam + 100gr terigu)
- 5 butir telur
- 300 gram gula pasir
- 150 ml minyak sayur (saya menggunakan 150gr mentega cair)
- 200 ml santan kental
- Seujung kuku garam

Cara membuat:

Siapkan kukusan isi air agak penuh.

Siapkan loyang tulban, olesi dengan mentega dan taburi tepung, sisihkan.

Kocok gula pasir bersama dengan telur sampai kental. Anda akan memerlukan waktu kurang lebih selama 20-30 menit sampai kocokan telur mengembang putih dan meninggalkan jejak. Matikan mixer.
Aduk rata tepung terigu dan tepung ketan hitam juga garam. Sisihkan.

Lalu campur mentega yang sudah dicairkan dengan santan kental.

Kemudian masukkan campuran tepung dan larutan mentega ke dalam adonan telur secara bergantian. Aduk dengan cara aduk balik. Aduk pelan-pelan saja ya, usahakan sampai tercampur rata. Atau anda juga bisa menggunakan mixer speed yang paling rendah untuk membantu mengaduk adonan.

Adonan kali ini sedikit lebih cair dibanding adonan cake anda yang biasanya ya. 

Setelah semua tercampur rata, tuang dalam loyang dan kukus dalam kukusan yang sudah mendidih selama 45-55 menit. Jangan membuka penutup kukusan selama memasak!

Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.

Cake kukus ketan hitam siap disantap.

Selamat mencoba.. ^_^










Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment