Elrecipy.com

Tahu Bakso Daging Sapi - Super Lezat

Lama ya rasanya saya tidak menulis. Terkhusus karena tak adanya koneksi internet yang mumpuni di rumah saya. Sekarang saya hanya pakai sistem kuota dari salah satu provider, kalau kuota habis ya gigit jari saja. Sungguh tersiksa memang kalau mempunyai koneksi internet yang terbatas. Hiks.. Memang, jaman sekarang semuanya serba internet. Mau cari tempat makan yang enak pakai internet, mau cari tempat nongkrong yang rame pakai internet, mau cari berita Jakarta terbaru juga pakai internet, mau mencari jalan alternatif aka jalan tikus juga pakai internet, jadi tak ada yang bisa terlepas dari internet sekarang ini ya. Dan saya juga salah satu korbannya. Terlebih di blok perumahan saya ini belum terintegrasi dengan jalur telepon dari telkom, karenanya kalau ditawari sepaket internet plus tv kabel pasti berakhir dengan muka sedih, si jasa penyedia layanan itu tidak dapat memasangnya dikarenakan tidak ada media yang mensuport ke rumah saya. Kapan kiranya pihak telkom bisa memasang jalur kabelnya sampai ke rumah saya ya? Hanya Tuhan dan telkom yang tau.. Hiks hiks.. :(



Anyway, kita kembali ke masak memasak saja ya. Kali ini saya mencoba membuat tahu bakso. Kalau cara membuat bakso sudah pernah saya posting sebelumnya. 
Resep baksonya sama hanya saja saya menambahkan irisan daun bawang untuk menambah cita rasanya di adonan bakso kemudian masukkannya ke dalam tahu.

Biasanya saya membeli daging sapi cincang di supermarket, yang praktis dan harganya lebih murah. ^_^ (maklum ya emak-emak cari yang diskon), sedangkan tahunya di tukang tahu langganan yang biasa teriak-teriak kalau pagi, tahunya banyak jenis dan enak.

Cara membuatnya pun gampang kalau anda punya copper, kalau belum punya copper juga tidak apa apa, anda bisa menguleninya dengan tangan. Hanya saja hasilnya beda ya, lebih bagus adonan yang anda uleni menggunakan copper. Mungkin karena copper bisa memutar dan mengaduk sempurna dan rata sehingga menghasilkan adonan bakso yang hampir mirip dengan bakso yang dijual abang-abang.

Let's go kita langsung lihat bagaimana membuatnya ya.

Bahan-bahan:

- 250 gram daging sapi giling
- 5 sendok makan tepung sagu
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur)
- 3 butir bawang putih, haluskan
- seujung kuku merica bubuk
- seujung kuku gula pasir
- 1 atau 2 lembar daun bawang, iris halus
- 10 buah tahu kulit
- 1 butir telur 

Cara membuat:

Siapkan kukusan, isi air agak banyak.

Masukkan daging giling ke copper, proses sampai benar-benar halus. 

Kemudian tambahkan tepung sagu, gram, gula, kaldu, bawang putih yang sudah dihaluskan, merica bubuk, dan telur. Proses kembali sampai benar-benar tercampur rata dan adonan halus. 
Tambahkan daun bawang dan aduk rata.
Setelah itu belah di bagian tengah tahu untuk mengisi adonan bakso.

Masukkan adonan bakso ke dalam tahu dan ratakan permukaannya. Lakukan sampai tahu dan adonan habis.

Lalu kukus sampai matang, kurang lebih 30 menit.

Siapkan kuahnya, dengan merebus air dan menambahkan bawang putih yang digeprek, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Kemudian taburkan daun bawang sebagai penyedapnya.

Santap bersama tahu bakso selagi hangat. Hmmm, nikmatnyaaa..



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment