Elrecipy.com

CHOUX isi CREAM aka SUS KRIM - Finally I Made it Nice, Yeayyy ^_^

Setelah off sejenak dari memposting berbagai artikel resep dan memasak karena sedikit disibukkan dengan pekerjaan baru, akhirnya saya bertekad untuk menulis resep kue sus ini. Dan satu artikel ini pun sudah berulang kali masuk folder draf (geleng geleng kepala sendiri).

Dan sudah beberapa kali juga saya mencoba membuat kulit sus, tapi gatot dan berakhir ke tong sampah. Karenanya saya sedikit takut-takut sedep kalau mau membuat kulit sus. Sampai saya menemukan tepung sus mix siap olah yang anti gagal. Waktu itu saya membelinya di supermarket dan langsung mencobanya. Dan senangnya hati ketika sus buatan saya berbentuk cantik dan menarik sekaligus enak rasanya.


Si papa terheran-heran ketika melihat hasil sus buatan saya yang enak sekaligus cantik itu. Hihihi. Tapi saya mengatakan sebenarnya kok, bahwa saya membuatnya dari tepung mix siap olah. Walaupun begitu si papa tetap menyanjung sus setengah buatan saya itu. ^_^

Berawal dari sanjungan si papa kemudian saya berniat untuk membuatnya sendiri full 100% buatan istrinya. Mencari-cari resep yang paling pas sekaligus anti gagal cukup sulit lho, karena saya sudah sedikit trauma dengan resep copy paste yang sering dimuat diberbagai blog resep dan masak. Kapok gagal, pikir saya. Lalu saya meminta resep mama mertua saja, karena beliau juga sudah sering membuat beragam kue dan penganan.
Dan hasilnya? Bisa anda lihat di foto-foto diatas. Cukup cantik kan? ^_^ Akhirnya sus saya kali ini berakhir di perut tak lagi di tong sampah. Senang sekali rasanya, si papa bilang enak dan bagus..

Resep aslinya sebenarnya menggunakan isian vla vanila, tapi berhubung saya sedikit malas membuatnya karena harus menggunakan banyak kuning telur, saya berinisiatf membuat isian sus dari butter cream saja yang simpel dan gampang, walapun rasanya masih kalah jauh dibandingkan dengan vla. Kebetulan masih ada stok heavy whipping cream di freezer. Jadi ceritanya, pemanfaatan. ^_^

Tanpa membuang banyak waktu, ini dia ya resepnya...

Sus isi Cream

Untuk sekitar 12 buah kulit sus

Bahan Sus:

- 70 gram tepung terigu
- 57 gram mentega
- seujung sendok teh garam
- setengah sendok teh gula pasir
- 2 butir telor, kocok lepas
- 120 ml air

Bahan isi:

- 200 ml heavy whipping cream
- 1 sendok makan gula pasir
- 2 tetes pewarna coklat

Cara membuat:
Kulit Sus:

Panaskan oven set suhu 200'C.
Siapkan loyang pemanggang dan alasi dengan kertas roti.


Siapkan wajan anti lengket. Panaskan mentega sampai lumer, kemudian tuang air masak sampai mendidih. 

Lalu masukkan tepung terigu, garam dan gula pasir. Aduk aduk sampai tercampur rata dan membentuk adonan. Masak dengan api kecil saja. Uleni menggunakan spatula kayu sampai adonan kalis, tak lengket di wajan. 

Matikan api dan hilangkan uap panas, diamkan sampai adonan agak dingin.


Untuk mempercepat mendinginkan adonan tepung tadi, kocok adonan menggunakan mixer dengan speed rendah sampai membentuk butiran kasar.

Sementara itu kocok telur. Lalu tuang ke adonan tepung, kocok menggunakan speed rendah sampai adonan menjadi sangat lengket.


Matikan mixer, kemudian masukkan adonan ke kantong plastik segitiga, pasang juga spuit bentuk kembang di ujungnya, lalu cetak/ semprotkan adonan diatas loyang yang sudah dialasi kertas roti. 


Gerakkan melingkar diakhiri dengan menyemprotkan adonan di tengah atas lingkaran. Beri jarak antar adonan ya. Kira -kira 1 loyang bisa cukup sampai 6 buah sus. Dan 1 adonan kulit sus ini bisa menjadi kurang lebih 12 buah.


Kemudian panggang dalam oven kurang lebih selama 15 menit di suhu 205'C, kemudian turunkan suhunya menjadi 180'C dan lanjutkan memanggang selama 30 menit sampai permukaan kulit sus menjadi berwarna kecoklatan dan mengembang. 

Apabila anda menggunakan oven tangkring, pertama panggang oven pada api besar selama 15 menit kemudian kecilkan api ke batas sedang sampai kulit sus berwarna kecoklatan dan matang kurang lebih selama 30 menit. 


Keluarkan kulit sus yang telah matang dan dinginkan.


Iris bagian tengah kulit sus ini tapi jangan sampai putus ya. 


Cara membuat butter cream: 

Kocok whipping cream bersama gula pasir sampai mengembang, kemudian beri pewarna dan rasa coklat kocok lagi sampai rata. masukkan dalam kantong plastik segitiga beri spuit diujungnya, dan semprotkan butter cream ke dalam kulit sus.

Lakukan sampai adonan habis.


Sus isi krim coklat siap disajikan dan disantap. ^_^

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. hmmmm yummy, makanan kesukaan saya waktu kecil, lama juga gak makan kue beginian nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, iya sama ini juga kue kesukaan saya dari kecil, silakan dicoba.. ^_^

      Delete