Elrecipy.com

Dari Gulai sampai Tongseng Daging Sapi


Masih tersisa hampir setengah kilo daging sapi yang saya beli di simbak tukang sayur beberapa hari yang lalu. Kemarin sedikit saya buat kaldu untuk sup si bocil. Dan saya bosan makan daging hanya di sup atau soto saja. Setelah browsing sejenak dan sempat mengunjungi web bango saya  jadi tertarik untuk membuat tongseng yang gurih, manis, pedas, dan sedap itu. Tapi untuk resepnya saya mempunyai resep paling enak yang diwariskan mama mertua kepada saya kemarin.

Ternyata tongseng adalah variasi masakan yang diambil dari kombinasi sate dan gulai. Pantas saja orang yang menjual tongseng pasti selalu menjual gulai dan sate. Sedangkan orang yang menjual sate tak selalu menjual tongseng juga. Sehingga untuk membuat tongseng, saya harus membuat kuah gulainya terlebih dahulu. Saya menjadi tambah penasaran ketika mama bercerita. Ini akan menjadi gulai dan tongseng pertama yang paling enak. Pasti anda berpikir, pede sekali saya ya? Hahaha. Tapi percayalah, ini memang tongseng tersedap yang pernah saya makan, pas sekali dengan selera saya manis, gurih, pedas, dan mantapp..


Saya memanfaatkan daging sapi yang sudah tersedia. Tapi anda juga bisa menggantinya dengan daging ayam ataupun kambing sesuai asalnya dan sesuai selera anda pastinya.

Penasaran seperti saya? Mari segera kita eksekusi ya..

Gulai Daging Sapi

resep by mamamertua

Bahan bumbu halus:

- 4 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 2 butir kemiri
- 1 sendok makan ketumbar
- 1/2 sendok teh merica
- 1 ruas jari kunyit
- sepucuk sendok teh jinten
- 5 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan kaldu bubuk

Bahan bumbu geprek:

- 2 ruas jari lengkuas
- 1 batang sereh
- 1 ruas jari jahe

Bahan bumbu rempah:

- 4 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk purut
- 2 buah kapulaga
- 2 buah cabe jawa
- 4 buah cengkeh
- 2 cm kayu manis

Bahan lain:

- 500 ml santan
- 500 ml air
- 1/2 kilogram daging sapi dipotong kecil kira-kira uk 2x2x2 cm
- minyak untuk menumis bumbu


Cara membuat gulai:

- Siapkan bumbu halus, panaskan minyak di wajan.


- Tumis bumbu sampai matang, kemudian masukkan bumbu rempah, aduk sebentar kemudian masukkan daging sapi lalu air.
- Masak daging sampai empuk dan matang, ungkep menggunakan api kecil saja.

- Cicipi rasa asin dan manisnya, sesuaikan dengan selera ya.

- Usahakan rasanya tidak terlalu asin, agar kita bisa memodifikasinya nanti ketika membuat tongseng.

- Setelah daging empuk, masukkan santan, aduk terus sampai mendidih. Matikan api.


Tongseng daging sapi

Bahan tongseng:

- 2 buah bawang merah, iris halus
- 2 buah bawang putih, iris halus
- 2 buah cabe rawit, iris halus
- 1 sendok makan gula jawa
- 200 gram kol, dipotong-potong kira-kira selebar uk 4x5 cm
- 1 buah tomat, potong kotak
- 5 sendok makan kecap manis
- bawang goreng untuk taburan
- daun bawang iris halus untuk taburan
- 1/4 kg daging gulai
- 500 ml kuah gulai

Cara membuat :

- Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih sampai matang dan harum,

- Tambahkan cabe rawit, lalu masukkan daging dan kuah gulai.

- Masukkan gula jawa, tambahkan kecap manis dan garam jika kurang asin.

- Masak sampai mendidih, dan cicipi rasanya.

- Masukkan kol yang sudah dicuci bersih, biarkan sedikit layu setengah matang, tapi jangan sampai terlalu matang ya.

- Dan matikan api.


Untuk penyajian:

Siapkan mangkuk saji, tuang tongseng di mangkuk, beri tomat, taburi daun bawang, dan bawang goreng.
Tongseng daging sapi siap disajikan bersama nasi hangat. Sedaaapp.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment