Elrecipy.com

Tongkol Suwir Rica-Rica - Super Maknyuss

Weekend kali ini saya ingin memasak yang belum pernah saya coba sebelumnya. Tadi pagi sekilas teringat masakan manado yang pernah dibawakan oleh teman kantor dahulu. Roti goreng dengan isian rica-rica ikan cakalang yang pedas juga lezat, salah satu kudapan khas Manado. Perut seketika keroncongan dan air liur seakan ikut merasakannya. Tak pakai waktu lama saya menghubungi teman saya itu mbak Ani namanya untuk membagi resep tongkol rica nya yang super duper maknyuss.



Tanpa pikir panjang saya langsung ke luar rumah menuju mobil sayur simbak yang diparkir di depan gang pos satpam di komplek saya untuk mencari si ikan tongkol. Ya, saya langsung berpikir ikan tongkol yang akan saya masak rica-rica, karena ikan cakalang tak pernah ada di ember ikannya. Dan di pasar Serpong sekalipun sangatlah sulit menemukan ikan khas Sulawesi ini. Daging ikan tongkol hampir menyerupai ikan cakalang, teksturnya padat. Jika tak ada ikan tongkol, ikan tuna juga bisa menjadi alternatif dalam membuat rica-rica ikan.


Masakan rica-rica umumnya menggunakan rempah-rempah daun. Daun kemangi dan daun jeruk purut wajib sebagai bumbunya. Dan dedaunan ini sudah tersedia di halaman. Nikmat ya, tinggal di panen saja untuk melengkapi bumbu rica saya. ^_^

Mari kita langsung melihat caranya. Memang sedikit memakan waktu, karena ikan harus di kukus dihilangkan duri dan dicabik cabik menggunakan garpu dahulu agar ikan menjadi seperti kelapa yang diparut.

Tongkol Suwir Rica

resep by mbak Ani

Bahan-bahan:

- 5 buah bawang merah
- 1 buah bawang putih
- 10 buah cabai merah keriting
- 10 buah cabai rawit merah
- 5 lembar daun jeruk
- 2 genggam daun kemangi segar
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 200 ml air
- secukupnya minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

Cuci bersih ikan dan kukus sampai matang, kemudian cabuti durinya dan suwir suwir dagingnya menggunakan garpu.


Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit menggunakan blender dengan menambah air 200 ml.


Panaskan minyak, tumis bumbu sampai matang berubah warna dan air mendidih. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Sesuaikan rasa asin dan manisnya. iris halus daun jeruk purut, dan tambahkan ke dalam tumisan bumbu. Masukkan daging ikan tongkol yang sudah disuwir-suwir tadi.  Aduk rata. Masak sampai bumbu meresap.


Setelah bumbu meresap dan rasa sudah pas, masukkan daun kemangi. Aduk sampai daun kemangi layu. Matikan api.


Tongkol suwir rica sudah matang dan siap disantap bersama nasi hangat. Bisa juga sebagai isian dari roti goreng. Tergantung selera anda ya.. ^_^




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment