Elrecipy.com

Roti Sobek Gandum - Killer Soft Wheat Bread

roti gandum

Kayaknya saya pernah berjanji ya mau posting killer soft bread versi tepung gandum? hehehe baru sekarang saya sempat buka si kompi lagi teman. Dari kemarin acaranya baking mulu, coba-coba resep baru, secara lagi getol banget bukain instagramnya para bakers. Nanti satu satu saya posting disini ya.

roti gandum

Nah karena udah kadung janji ya udin, saya mau bahas resepnya roti sobek gandum ini dulu deh. Bermula dari permintaan si papa yang minta dibuatkan roti gandum. Nah puter otak deh, secara punyanya resep killer soft breadnya victoria bake yang kemarin sukses saya buat itu. Terus, kata si papa, ganti aja coba tepungnya pake tepung gandum. Lalu ketika Sabtu tiba nyempetin diri deh mampir ke pasar Modern buat beli tepung gandum ke toko Puspita. Disana lengkap teman, mau merk tepung gandum yang apa aja ada. Kemarin saya disuguhin 3 merk, tapi akhirnya pilihan jatuh ke merk Krafkorn. Kata mas-mas penjaga toko, merk ini paling laku. Ya udah deh saya comot aja. Namanya insting, kalo laku berarti enak dong.. ^_^ Gak cuman itu saya juga dikasih resep membuat roti gandum ala toko Puspita, duh masnya emang baik bener. Tapi saya gak pengen berpaling dari resepnya victoria bakes dulu deh karena yang kemarin sudah terbukti enak bin mantap untuk killer soft breadnya. ^_^ Tapi gapapa, resep masnya saya simpen aja buat cadangan or lagi pengen coba resep baru nantinya..^_^

roti gandum

Sampai di rumah langsung deh eksekusi dimulai. Kebetulan punya susu LowFat, jadi si papa tambah semangat deh kasih masukkan "susunya pake ini aja". Ya, ya ,ya.. Di support ajalah ya yang lagi diet. ^_^,. Udah pake tepung gandum, no sugar added, susunya Low Fat pula. Hmm, bener-bener roti diet nih. 
Dan untuk teksturnya, saya lebih suka dengan roti gandum ini. Teksturnya lebih lembut dibanding menggunakan tepung terigu cakra biasa. Yang ini persis seperti yang dibuat victoria bake di blognya. So fluffy. 

Semua cara sama seperti pembuatan killer soft bread kemarin ya.

Yuk ah, saya tulis aja ulang resepnya ya, tentu setelah diganti dengan bahan-bahan yang di pakai.

Roti Sobek Gandum via Killersoftbread ala Victoria Bakes


Bahan-bahan:

- 250 gram tepung gandum (saya pakai merk Krafkorn)
- 3 gram ragi instan (saya pakai 1 sendok makan)
- 180 ml cairan terdiri dari 1 butir telur + susu cair (saya pakai merk Ultra Low fat)
- 30 gram butter/mentega
-30 gram gula pasir (saya skip)

Cara membuat:

Siapkan tepung gandum. Biasanya tepung gandum terdiri dari butiran halus dan butiran kasar, biji-bijiannya masih terasa.

 Masukkan ragi instan, asuk rata.
 Siapkan cairan, dan tuang ke dalam campuran tepung.

 Ulen sampai kalis/tak lengket di tangan. Lalu tambahkan mentega, ulen lagi sampai kalis.
Beri topping, saya masukkan 4 sendok makan kismis, lalu campur.

Kemudian ambil sebagian adonan lalu gilas dengan rollpin, lalu lipat dan gulung.


Tata dalam loyang yang sudah di oles mentega. Dan istirahatkan adonan sampai kurang lebih 1 jam lamanya sampai adonan mengembang. Jangan lupa tutup dengan kain basah selama diistirahatkan.
 Setelah itu panaskan oven. Saya pakai oven tangkring api kecil-sedang.

Oles permukaan adonan yang sudah mengembang dengan kuning telur, dan taburi dengan wijen.

Masukkan dalam oven yang sudah panas. Panggang selama kurang lebih 20 menit, tergantung masing-masing oven.
Lihat apabila permukaan sudah berwarna kecoklatan dan roti mengembang sempurna, itu tandanya roti sudah matang.
Matikan oven dan keluarkan dari loyang, hilangkan uap panasnya.

Sajikan hangat-hangat lebih nikmat ditemani segelas teh manis atau kopi manis. Mantap.

Happy baking^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment