Elrecipy.com

Martabak Manis Pizza - Bermacam Topping

martabak manis pizza

Nah ini dia salah satu percobaan membuat martabak kemarin yang resepnya saya  adaptasi dari Instagramnya @doyanbaking. Base martabaknya lumayan enak, dan cepat buatnya. Cocok buat para emak-emak yang ditagih cemilan sama si bocah, ya seperti saya ini. ^_^ Tiap hari si bos kecil pasti minta cemilan di sela-sela jam makannya. Mau sebelum sarapan pagi, sebelum makan siang, ataupun bangun tidur sore, semuanya nagih minta ngemil. Nah kalo si emaknya ini gak aktif nge-baking ya makan snack toko terus deh kan.. Snack toko sih boleh-boleh aja, kalau saya hanya buat selingan aja biar si bocah gak bosen.

martabak manis pizza

Terus biar gak melulu roti, kali ini saya buatkan martabak yang toppingnya juga disesuaikan dengan selera si bos cilik, cokelat. Senang banget dia, sampai-sampai dia gak bisa tidur siang sebelum menikmati lagi sepotong martabak tabur meses coklat ini. Hahaha..

martabak manis pizza

Untuk slice yang bertopping keju tentunya jatah emaknya dan omanya karena si boscil kurang doyan selain cokelat. Dan kemarin siang kami pesta martabak manis ini bersama-sama.

Penasaran resep dan cara bikinnya?

Ini langsung aja saya tuliskan resepnya ya teman. Ini saya buat setengah resep asli.

Martabak manis pizza


Bahan-bahan:

- 15 gram gula (saya pakai gula halus)
- 1 butir telur
- 200 ml susu cair
- 125 gram terigu
- 1/2 sdt baking powder double acting
- 1/4 sdt baking soda

Cara membuat:

Siapkan gula halus dan telur dalam baskom, aduk sampai rata. Saya menggunakan pengocok balon (whisk).

Kemudian tuang susu, aduk rata.

Tambahkan terigu dan baking powder yang sudah diayak, aduk rata, sampai tak ada yang menggumpal.


Istirahatkan/ biarkan adonan kurang lebih 1 jam.

Kemudian siapkan teflon, panaskan hingga benar benar panas.

Sementara itu siapkan baking soda, campur dengan 1 sdt air, campur ke dalam adonan dan aduk rata dan cepat. 

Lalu tuang adonan martabak ke dalam teflon yang sudah benar-benar panas. Gunakan api kecil ya.


Putar teflon agar didapat kulit martabaknya.

Tunggu sampai adonan berlubang, dan tutup hingga tengahnya matang sempurna.


Matikan api, dan letakkan martabak di piring. Potong-potong sesuai selera, atau seperti pizza.

Taburi setiap slice dengan topping yang berbeda supaya cantik dan menggoda selera si boscil.


Martabak manis pizza sudah siap disantap.

Happy baking ^_^
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment