Elrecipy.com

Gadon Jawa - Manis, Asin, Gurih, Lezaatt

sayur gadon jawa

Keluarga kami menyebutnya Gadon. Tapi orang Jawa sedikit yang tau masakan ini. Saya juga bingung menyebutnya masakan apa kalau ditanya.  

Ya, ini resep masakan turun temurun dari Alm nenek saya. Menurut cerita mama dan budhe, dulu nenek sering membuatkan sayur gadon ini untuk ke sepuluh anaknya. Ya gitu deh, orang dulu kan berprinsip 'Banyak anak banyak rejeki'. Setiap satu keluarga pada jaman mama kecil dulu rata-rata anaknya berkisar lebih dari delapan orang. Tak terbayang ramainya satu rumah itu seperti apa ya. Kalau jaman sekarang orang tua seperti saya tak mau terlalu banyak anak, biaya sekolah itu yang 'gak nguati'. Setiap tahun biaya sekolahan swasta naik bak tiang pancang yang tak berujung tidak berimbang dengan kenaikan gaji yang cuma beberapa persennya saja. Terus bagaimana kalau mau punya anak yang jumlahnya seperti kesebelasan sepakbola? Pasti mikir 1000x. Duh pusing, makannya dua anak saja cukup ya untuk jaman sekarang ini...
sayur gadon jawa
sayur gadon jawa
Balik ke Gadon, sayur ini tergolong sayur sehat karena dimasak dengan cara dikukus dan tidak menggunakan minyak sedikitpun. Kalau menurut saya ya sangat bagus untuk anak-anak. Karenanya saya memasak gadon ini dengan tujuan menu makanan si boscil saya tercukupi dan sehat.

Kemarin tiba-tiba kangen sekali dengan masakan ini. Dulu waktu saya masih sekolah, budhe sering memasaknya untuk saya. Beliau membuatnya dengan cara membungkus adonan gadon dengan daun pisang kemudian mengukusnya. Bau wangi daun pisang yang khas menambah kelezatan si gadon ini yang berada didalamnya. Sedapp. Tapi mohon maaf, kali ini saya tidak menggunakan daun pisang tetapi justru langsung mengukusnya di loyang. Ya karena tujuan saya hanya akan dimakan sekeluarga kecil saya saja jadi niatnya yang praktis dan efisien. Tapi walaupun tak dibungkus daun pisang pun, masakan ini tetap lezat dan menggugah selera saya setiap jam makan. ^_^

Gadon Jawa

Bahan:

- 1/2 lingkaran kubis putih atau kol
- 1/4 kg daging giling atau daging cincang halus
- 3 butir bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 2 butir kemiri
- 5 lembar daun salam
- 200 ml santan kental
- 2 butir telur
- 3 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan gula jawa
- 1 sendok teh kaldu bubuk, skip bila tak suka

Cara membuat:

Haluskan bawang dan kemiri.

Kemudian iris tipis kubis.

Campur dalam wadah/ baskom, kubis, bumbu halus, garam, gula pasir, gula jawa, santan, kaldu, dan daging giling.
 Aduk rata. Cicipi rasanya.

Lalu kocok lepas telur. Kemudian tuang ke dalam adonan santan, aduk rata. Masukkan daun salam.


Setelah rata, siapkan wadah, yang cukup di tempat kukusan anda. Saya menggunakan loyang, bisa juga menggunakan pyrex ataupun rantang jika anda mempunyainya.


Kemudian kukus selama 30-40 menit sampai matang.

Dan, Gadon Jawa pun siap dinikmati. ^_^

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment