Elrecipy.com

Tahu Aci Khas Slawi dan Tegal - Yang Doyan Kenyil-Kenyil

tahu aci khas slawi

Saya termasuk penggemar berat makanan gorengan yang berbahan aci / sagu, karena kenikmatan kenyal kenyilnya itu. Dan salah satunya terdapat di gorengan khas daerah Slawi juga Tegal Jawa Tengah ini. Gak tau aslinya dari daerah Tegal atau Slawi, yang jelas kedua kota itu sangat berdekatan. Dan rasa tahu aci dari Slawi ataupun Tegal itu mempunyai rasa yang sama. -menurut saya lho ya.. 

Tahu ini disantap bersama gigitan cabai rawit hijau alias cengek dan bagi saya sudah merupakan camilan yang sungguh luar biasa.. -katrok ya.. ^_^ Tapi itulah saya, sukanya bukan main kalau ada tahu aci tergeletak di meja. Apalagi kalau enak ya. hehehe.

tahu aci khas slawi

Nah karenanya, kemarin siang saya menyempatkan membuat camilan ini untuk si boscil, papa, dan saya tentunya. Paginya saya menghadang si tukang penjual tahu keliling untuk membeli beberapa buah tahu kulit. Aslinya sebenarnya menggunakan tahu kuning ya, tapi si tahu harus di goreng dulu sebelum diisi adonan aci. Dan seperti biasa si pemalas ini menggunakan tahu kulit biar praktis dan bisa langsung diisi adonan aci tanpa menggoreng tahu terlebih dahulu. ^_^

Prosesnya sebenarnya gampang banget, beberapa waktu yang lalu saya juga pernah membuat tahu yang hampir serupa tapi tak sama. Disini ya. Kali ini berbahan dasar tepung sagu yang diisikan ke dalam si tahu. Dicampur bersama bumbu bumbu dan di goreng dalam minyak panas. Tahu aci khas Slawi sudah siap disantap bersama cengek atau bisa juga dicocol di sambel kecap biar jadi tahu peletok khas Tegal. Hehehe..

tahu aci khas slawi

Ini dia resepnya ya.

Tahu aci khas Slawi 


Bahan:

- 10 buah tahu kulit segitiga
- 150 gram tepung sagu tani
- 2 butir bawang putih
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh lada bubuk
- 1 batang daun bawang (resep asli menggunakan daun kucai)
*dan saya juga hanya menggunakan setengah batang daun bawang itu juga yang berwarna putih, jadi warnanya kurang cantik ya. Maaf ya jangan ditiru. ^_^
- air secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Belah ditengah di setiap tahu.

Keluarkan sedikit isinya ke mangkok. haluskan dengan menggunakan punggung garpu.

Campur isi tahu dengan bawang putih, gula, garam, lada dan daun bawang, tuangi air sampai membentuk adonan yang sangat kental. cicipi rasanya ya.


Kemudian isikan ke dalam tahu.


Goreng dalam minyak panas, dan angkat jika sudah berwarna kuning kecoklatan.



Siapkan dan tata tahu aci dalam piring saji.

Tahu aci Slawi siap disantap bersama cengek ataupun sambel kecap.

Selamat menikmati... ^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment