Elrecipy.com

Sapo Tahu Lezat Banget Buat si Bocil - ^_^


Dari Senin sampai Kamis kemarin saya dan bocil menghabiskan waktu di luar rumah. Mulai dari berkunjung ke si Baby Sidney, anak kakak sepupu saya yang baru saja lahir seminggu, setelah itu langsung pergi pasar karena puji Tuhan saya mendapat pesanan nasi sebanyak 60 kotak. Lalu menghabiskan waktu di dapur Oma nya si bocil untuk menyusun dan melengkapi setiap isi kotak nasi pesanan itu. Setelah semua siap selasa sore saya pergi untuk mengantarkannya, juga bersama si bocil. Di hari Rabu kebetulan si papa El meliburkan diri dari kepenatan di kantornya, dan kami bertiga pergi menghabiskan hari untuk nonton dan ngemall sampai bocil tertidur di mobil karena kecapekan. Belum habis juga tenaga saya dan bocil untuk pergi di hari Kamis menjahit baju batik kembaran keluarga saya, janjian dengan Carisa tetangga kami untuk saling mengantar sambil jalan-jalan. Benar-benar nonstop, dan lemas badan yang tersisa di hari Jumat ini. 




Rumah berantakan, baju yang belum disetrika menggunung, dan lantai kotor, saya kerjakan semuanya di Jumat. Teler, sampai mau masak pun rasanya tak ada tenaga lagi. Tapi apa daya, si bocil harus makan, dan makanannya harus bergizi tinggi. Dan dengan sisa tenaga saya akan memasak sebuah menu special untuk si bocil dan suamiku tersayang. ^_^


Ketika saya lihat isi kulkas untuk mengecek sayur apa saja yang masih tersisa, sejenak terlihat di mata saya 2 bungkus tofu lembut yang saya beli di supermarket beberapa waktu yang lalu. Hmm, sapo tahu, sepertinya enak dan cocok untuk menu makan si bocil kali ini.


Saya tidak akan berlama-lama kali ini, langsung saja kita nikmati resepnya ya!


Sapo Tahu ala dapur Elrecipy

resep modifikasi sendiri

untuk 1 porsi

Bahan-bahan:

- 1 bungkus tahu sutera
- 3 butir bakso sapi
- 1 batang wortel ukuran besar
- 3 lembar sawi putih
- 5 tangkai kecil bunga kol 
- 1 lembar daun bawang
- 25 gram rumput laut kering, potong-potong
- 3 butir bawang putih kating, cincang kasar
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
- 30 gram udang kupas
- 50 gram daging ayam, potong dadu
- 1/2 buah tomat
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional / saya pakai kaldu jamur)
- 150 ml air
- 1 sendok makan maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air

Cara membuat:

Potong-potong tahu sutera, kemudian goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan. 

Cuci bersih wortel dan iris serong tipis. Sawi putih potong-potong, kira-kira 2 cm. Setengah buah tomat bagi menjadi 4 bagian. Iris juga daun bawang. Dan bakso sapi potong-potong kecil. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan minyak. Sisihkan.


Cincang halus bawang putih dan bawang bombay. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan bawang bombay tumis sebentar lalu masukkan wortel.

Tambahkan kecap asin, masak sampai wortel empuk. 

Apabila wortel sudah empuk, masukkan daging ayam. Setelah daging ayam berubah warna masukkan bunga kol. Tambahkan air kemudian masukkan garam, gula, merica bubuk, kaldu bubuk. Masak sampai semua matang dan empuk.

Lalu baru masukkan udang kupas, wortel, sawi putih, daun bawang, tomat, bakso. Aduk-aduk sampai rata dan matang.  

Terakhir masukkan tofu yang sudah digoreng tadi dan rumput laut kering. Aduk rata.


Nah kalo yang ini opsional. Apabila anda menyukainya, anda bisa mencampur maizena dengan sedikit air lalu menuangkannya agar kuah sedikit mengental. Tapi jika anda tidak suka dengan kuah kental, anda bisa skip cara saya ini ya. Dengan kuah kental ataupun encer masakan anda tetap lezat kok. ^_^
Sebelum anda mematikan api, cicipi dulu rasa asin dan manisnya, apabila sudah pas dan semua sudah matang, matikan api dan sapo tofu siap disantap.

Sajikan bersama nasi putih. Dan selamat makan.. ^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment