Elrecipy.com

Steak Crispy a la Warung Steak atau Elrecipy?


Sudah berbulan-bulan rasanya ingin sekali makan steak ala warung steak Jogja yang buka cabang di Tangerang. Menu favorit di warung steak adalah daging steak yang dibalut tepung. Kres, kres bunyinya ketika tepung yang crispy itu menyentuh gigi. Sayang, beberapa kali diajak untuk mampir si papa selalu saja punya alasan, yang masih kenyang lah, yang sedang tak ingin makan steak lah, dan saya terpaksa hanya menikmati steak  ala ws itu melalui foto-foto di internet. -kasihan sekali ya. 

Sampai akhirnya saya menemukan sebuah resep si ws ini di pajang di blognya mbak diah. Walaupun belum pernah mencoba membalut daging steak dengan tepung, tapi demi terpuaskan untuk menikmati sepotong steak tepung ini ya saya lakoni. Ternyata memang penampakan tepungnya tidak seperti yang asli ya, sedikit sedih karena saya belum berhasil membuatnya. Tapi next akan saya coba lagi pastinya sampai hasilnya sama persis dengan yang di warung steak sana. ^_^

Dagingnya saya beli di supermarket ketika weekend kemarin bersama papa dan si bocil. saya memilih daging khusus potongan untuk steak. Dan saya rendam dahulu dalam nanas yang dihaluskan selama satu jam agar daging empuk, serat-serat daging koyak, dan ketika dimasak daging akan lebih cepat matang.

Agak berbeda dengan steak ala ws yang sayuran pendampingnya hanya direbus, saya menumisnya sebentar dengan bawang putih. Dan untuk saus coklatnya juga, saya improvisasi langsung di dapur karena tak ada persediaan tomat di kulkas seperti resep sausnya yang menggunakan tomat.

Tapi ini saya tuliskan resep aslinya ya, tentu saja saya tuliskan juga resep yang sudah saya modifikasi.

Steak Crispy

resep diadaptasi dari diahdidi.com - steak crispy ala warung steak

Bahan-bahan:

- 2 buah daging sirloin steak, banyak dijual di supermarket deretan dagin sapi
- 3 sendok makan saus tiram, untuk merendam daging
- 2 butir telur, kocok lepas
- 150 gram tepung terigu
- 1 sendok makan tepung maizena
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh bubuk kaldu (saya tidak pakai)
- minyak untuk menggoreng

Bahan sayur:

- 1 buah bawang putih, geprek
- 1/2 buah wortel, potong dadu
- 1/2 buah jagung, diambil biji jagungnya saja
- 2 kuntum kecil brokoli, di pilah pilah kecil
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk, saya pakai kaldu jamur
- 150 ml air
- kentang goreng, saya pakai kentang kemasan tinggal goreng

Bahan saus spesial:

- 4 buah bawang putih
- 8 buah bawang merah
- 2 buah tomat ukuran besar
- 1 buah bawang bombay
- 2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh angciu
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk, saya pakai kaldu jamur
- 135 ml saus tomat / 1 botol ukuran kecil
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 200 ml air
- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat :

saus spesial:

cincang halus bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. sisihkan.
Rebus tomat, buang biji dan kulitnya kemudian cincang halus. sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay hingga harum dan layu, lalu masukkan tomat dan bahan-bahan yang lain. Aduk sampai mendidih dan mengental.
Jika kurang kental, anda bisa tambahkan maizena 1 sendok makan yang sudah dilarutkan dengan 2 sendok makan air. Aduk sampai mengental.
Untuk saus versi saya dengan keterbatasan bahan, tumis bawang putih yang dicincang halus, masukkan kecap asin 1 sendok makan, saus tiram 2 sendok makan, kecap manis 2 sendok makan, saus tomat 3 sendok makan, merica bubuk, garam, gula pasir 1/2 sendok makan, dan kaldu bubuk, juga maizena yang sudah dicairkan. ^_^

sayuran:

Tumis bawang putih sampai harum dan kecoklatan,  masukkan wortel dan jagung kemudian air. Masak sampai wortel dan jagung empuk, masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk, sesuaikan selera ya. Terakhir masukkan brokoli. Masak sampai matang. Ini selera saya untuk menambah cita rasa pelengkap di daging.
Untuk versi ws, sayuran berupa wortel dan buncis, hanya di rebus sebentar.

daging:

Rendam daging dengan saus tiram, sedikit merica bubuk, dan garam selama 1 jam. Kalau saya sebelum daging direndam dalam bumbu, saya merendamnya dalam jus nanas supaya tekstur daging lebih empuk dan cepat matang selama 1 jam.
Kocok lepas telur. Campur merica bubuk, garam, dan kaldu bubuk bersama tepung terigu dan maizena.
Ambil daging dari rendaman bumbu celupkan ke tepung, lalu balut dengan telur, gulingkan lagi ke campuran tepung sambil dicubit-cubit agar keriting ketika di goreng. Lalu goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


Susun daging bersama sayuran dan kentang goreng, lalu siramkan saus diatasnya, sajikan bersama saus sambal. Lebih mantap apabila anda menyajikannya di piring hot plate seperti di warung steak. Sayangnya saya juga belum punya.. ^_^







Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment