Elrecipy.com

Tahu Aci Kriuk - Cemilan Sore Bersama Si Bocil

Masih ada sisa beberapa tahu kulit di kulkas, dan kebetulan sore kemarin sedang malas masak tetapi perut lapar. Hujan deras di luar membuat saya hanya duduk santai menemani si bocil nonton tv acara kartun kesayangan. Apa boleh buat, beberapa tahu itu saya eksekusi saja dengan digoreng berbalut tepung. Sekalian buat menu makan malam si bocil, pikir saya. Tahu seperti ini nih yang saya doyan banget menyantapnya.



Lantas saya buatkan adonan tepung yang terdiri dari tepung sagu, dan sedikit mencampurnya dengan maizena serta beberapa bumbu dapur. Mau yang praktis saja karena si bocil sedang sedikit rewel minta selalu ditemani. Saya menyelinap ke dapur untuk menggoreng ketika si bocil terlalu fokus menonton kartunnya. Gorengan selesai dan baru si bocil sadar kalau mamanya sudah melarikan diri dari sampingnya. hihihi.. Untungnya tahu kriuk ini pun sudah siap disantap.

*saya belum terlalu canggih nih untuk mencubit tahu, terlihat tahu saya tidak terlalu gimbal ya. ^_^

Dan ketika mamanya membawa sepiring tahu dari dapur, si bocil langsung bersorak kegirangan, 'bakan, bakan, bakan' artinya, makan, makan, makan. hihihi, lucu ya, iya si bocil pelafalannya belum jelas. Masih belajar berbagai kata, walaupun dia sudah mengerti dengan jelas artinya. ^_^.
Si bocil pun menemani mamanya makan tahu kriuk ini sambil nonton tv sampai habis 3 buah tahu.
Baiklah, mari kita bahas resep dan cara saya membuatnya ya.

Tahu Aci Kriuk

resep by me

Bahan - bahan:

- 5 buah tahu kulit / tahu sumedang, belah dua membentuk segitiga.
- 2 buah bawang putih, haluskan
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk jamur
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
- 8 sendok makan tepung sagu
- 2 sendok makan tepung maizena
- air secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Campur semua bumbu dengan tepungnya. Bagi kedalam 2 buah mangkuk.

Mangkuk pertama, beri air. Buat menjadi adonan tepung kental. Mangkuk kedua adalah adonan tepung kering.

Panaskan minyak, sisihkan.

Ambil tahu, balut di adonan tepung kental, lalu gulingkan di adonan tepung kering. Sambil di cubit-cubit agar keriting.

Masukkan ke dalam minyak panas, usahakan agar tahu tertutup minyak ya, agar matangnya sempurna. 

Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Tahu siap dihidangkan. Dicocol sambal kecap.. Hmm, yummy..


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment