Elrecipy.com

Martabak Mini Tahu Telur plus Daging Cincang - Gigit Cabe Rawit Ijo Mantapp


Seminggu ini memang hari-hari yang berat yang harus saya dan keluarga kecil saya lewati. Itu semua membuat saya kehilangan nafsu makan, nafsu tidur, migren, yang harus saya lalui lebih dari 3 hari. Sampai posting artikel ini pun terpending sekian lama, padahal saya sudah menyusunnya sejak seminggu yang lalu. Maafkan saya ya para pembaca setia elrecipy, saya yakin anda pasti sudah menunggu-nunggu.. -pedebanget ^_^





Semua ide untuk makan dan memasak pun pudar sementara. Masih malas untuk pergi berbelanja isi kulkas ke pasar. Yang ada adalah pemanfaatan bahan yang masih tersisa. Saya ingat masih punya banyak persediaan kulit spring roll instant yang saya beli di supermarket beberapa waktu yang lalu ketika saya membuat lumpia isi ragout, bila anda belum sempat menyimaknya anda bisa klik disini ya. Terakhir ke pasar kemarin saya ingat membeli sedikit daun bawang, hanya 2ribu rupiah saja tapi cukup membuat saya kalang kabut mengolahnya. 



Akhirnya saya putuskan untuk mengolahnya menjadi sebuah cemilan populer. Martabak. Siapa yang tidak suka dengan panganan ini? Bisa dibilang snack, bisa juga untuk teman makan nasi. Semuanya enak bin lezat. Mau disajikan dengan acar mentimun, bawang merah dan cabai rawit, membuat rasanya lebih lengkap dan maknyuss. Atau hanya disertai gigitan cabai rawit ijo pun tetap mantap. Kebetulan saya sedang malas membuat acar, yang tersedia hanya cabai rawit yang sedang berbuah lebat di halaman. Tinggal petik sebentar, dan jadilah 'cengek'nya martabak saya. (cengek = cabai rawit dalam bahasa sunda)


Mari kita langsung simak yuk resepnya.. ^_^

Martabak Mini Tahu Telur plus Daging Cincang

resep modifikasi sendiri

Bahan-bahan:

- 2rb Daun bawang
- 4 buah tahu putih (saya pakai uk 4 x 4 cm)
- 2 butir telur
- 100 gram daging cincang
- 3 butir bawang putih
- seujung sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh bubuk kaldu(saya pakai kaldu jamur)
- kulit spring roll

Cara membuat:

1. Iris halus daun bawang, sisihkan

2. Haluskan tahu menggunakan garpu, sisihkan

3. Cincang dagin sapi, atau anda juga bisa membeli daging giling di supermarket agar tidak repot.

4. Haluskan bawang.


5. Ambil mangkok besar dan campurkan semua bahan, aduk rata menggunakan garpu dan sendok.


6. Siapkan selembar kulit spring rol, ambil kira kira satu sendok adonan martabak, letakkan di tengah kulit tadi. Lalu lipat bagian bawah dahulu, kemudian tutup atasnya, lipat habis samping kanan, samping kiri, dan jadilah sebuah martabak mini. Lanjutkan sampai adonan habis.



 7. Bila anda belum ingin menyantapnya semua, anda bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di kulkas, ataupun di freezer untuk penyimpanan lebih lama.

8. Sisanya bisa anda goreng dalam minyak panas ya. Disantap hangat-hangat, pasti lebih nikmat. ^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment