Elrecipy.com

Kue Cubit atau Bolu Cubit? Sama Ahh Enaknya ^^

Tiba-tiba teringat ketika jaman masih kerja dulu, setiap berangkat kerja selalu melewati pasar blok M. Mal blok M memang selalu masih tutup, tetapi disebelahnya terjajar para penjual jajanan pagi yang selalu membuat perut saya keroncongan ketika melewatinya. Maklum pagi buta saya sudah jalan ke kantor dan belum sarapan sehingga bau aromanya ketika digoreng, dipanggang ataupun dimasak menggoda selera saya. Di gang itu menu sarapan dan jajanan pagi begitu lengkapnya. Ada ketupat sayur, sate ayam, ayam bakar, beraneka macam bolu, gorengan tempe, tahu, risoles isi smokebeef mayonaise, ketoprak, kue cubit, dan masih banyak yang lainnya. Jadi setiap pagi, menu sarapan saya berganti terus, mencicipi setiap menu yang disediakan di gang blok M itu.


Sore kemarin ketika setengah lapar, kue cubit yang legit terlintas di benak saya. Sayangnya disekitar rumah saya tak ada dan tak pernah saya lihat abang-abang penjual kue cubit ini. Tetapi kebetulan saya teringat kalau mama mertua saya disebelah rumah mempunyai cetakan kue apem yang bisa saya pergunakan untuk membuat kue cubit, untuk mengobati kekangenan saya. 

Kue cubit ini sebenarnya kudapan asli betawi. Jajanan populer Jakarta ini banyak dijual para pedagang kaki lima yang biasanya mangkal di depan sekolah. Karenanya kue ini banyak disukai anak-anak. Tapi tak sedikit orang dewasa yang menyukai jajanan ini juga, seperti saya. Saya selalu menyantap habis separuh dari setiap kotak kue cubit yang saya beli, dan sisanya saya simpan di kulkas dan akan saya makan ketika perut kembali lapar. Lapar atau doyan? Bedanya tipis ya? ^_^


Dan setelah mencari-cari sebuah resep yang sepertinya pas, dan semua bahan yang diperlukan tersedia di lemari dapur saya, ya sudah, saya berkutat saja didapur untuk segera membuatnya. Tak perlu sama persis dengan yang dijual si abang penjual, mirip-mirip pun tak apa yang penting niat saya terobati.. ^_^. Tak perlu waktu lama juga saya sudah bisa menyantap habis kue cubit buatan saya. Karena memang proses membuatnya yang cukup singkat. Rasa kue cubit ini hampir sama dengan kue bolu. Bedanya kalau kue cubit dibentuk dengan cetakan kecil-kecil.

Mari kita intip resepnya yuk, siapa tau anda juga berniat membuat sendiri kue cubit ini bukan?

Kue Cubit

Resep diadaptasi dari resepmasakankreatif.blogspot.com-kue cubit enak dan empuk

Bahan-bahan:

- 100 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram mentega, cairkan
- 3 butir telur
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan pelengkap:

- keju parut
- coklat meses

Cara membuat:

1. Siapkan loyang cetakan, panaskan diatas api dengan api kecil.

2. Kocok telur, tepung terigu, gula pasir, baking powder, vanili bubuk. Kocok sampai gula larut, dan semua tercampur rata. 

3. Baru kemudian masukkan mentega cair, aduk rata.


4. Setelah loyang cukup panas, tuang satu sendok sayur adonan isi di setiap cetakan.

5. Tunggu sebentar sampai muncul lubang-lubang di setiap adonan yang setengah matang, kemudian tutup sebentar.

6. Jika anda lihat dasarnya sudah agak kecoklatan dan pinggir sudah agak matang tetapi tengahnya masih setengah basah, taburi dengan meses atau keju parut.

7. Biarkan sebentar, jika permukaan sudah kering berarti kue telah matang, angkat.



8. Kue cubit siap disajikan, siap disantap untuk seluruh keluarga.. Yummy..



Source:

- Wikipedia-kue cubit
resepmasakankreatif.blogspot.com-kue cubit enak dan empuk


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

4 comments: