Elrecipy.com

Calamari dengan Saus Asam Pedas Manis - Cumi Goreng Tepung Bangeeett!!


Waktu yang lalu saya membeli cumi setengah kilo, sebagian saya sudah memasaknya menjadi cumi hitam masak tinta kesukaan si papa. Sebagian lagi berarti masih nganggur di freezer menunggu untuk diolah. Akan saya apakan ya cumi ini? Hmmm, goreng tepung saja ya buat si bocil, pikir saya tadi pagi. Tapi saya ingin memasaknya menjadi calamari ala resto seafood kaki lima langganan saya dan papa. Yaa, selama ini saya belum beruntung membuat calamari yang berbalut tepung tebal tapi tetap crunchy, pasti selalu berakhir dengan calamari dengan tepung yang tipis dan lembek.

Lalu saya tanya resepnya si mama mertua dan mendapatkan sedikit pencerahan untuk membuat calamari tebal yang crunchy.. ^_^ Dan hasilnya tak diragukan dengan foto saya itu kan? calamari dengan berbalut tepung yang tidak sekedar menutupinya daging si cumi saja tetapi juga crunchy bin top markotop. agak lebay sih, tapi trusted me! ^_^
Rahasianya ternyata pada cara mengolah cuminya.

Dan untuk pelengkapnya biar lebih sedap, saya buatkan juga si saus asam manis pedas gurih. Nyaamm... Jadi lapar? Ayo kita langsung cek resepnya ya.

Calamari dengan Saus Asam Pedas Manis

Resep diadaptasi dari resep mama mertua dan inovasi sendiri

Waktu persiapan: 20 menit, Waktu memasak: 20 menit, Waktu penyajian 10 menit

Bahan-bahan calamari:
- 1/4 kilogram cumi segar
- 3 butir bawang putih, haluskan
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur totole)
- 200 gram tepung terigu
- 2 butir putih telur
- seujung sendok teh merica bubuk
- minyak secukupnya

Bahan saus:
- 1 butir bawang putih
- 1/4 buah wortel
- 1/4 sendok teh garam
-1/2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kecap asin
- 2 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan saus sambal
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk jamur
- 3 buah cabai merah
- 1 gelas air

Cara membuat calamari:

  1. Cuci bersih cumi buang isinya kemudian potong-potong cumi seukuran setengah ruas ibu jari anda. Sisihkan.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, masukkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk, aduk rata.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng, tuang minyak agak banyak di penggorengan ya.
  4. Lumuri cumi dengan adonan tepung kemudian gulingkan di putih telur, lalu lumuri lagi dengan adonan tepung sambil agak di remas / ditekan agar tepung menempel. Masukkan ke dalam minyak panas dengan api kecil saja. Kalau api terlalu besar nanti permukaan cumi akan cepat gosong dan bagian dalam belum matang.
  5. Angkat ketika warnanya sudah berubah agak kekuningan.
  6. Ulangi terus sampai potongan cumi habis
  7. Tata di piring saji.

Cara membuat sausnya:

  1. Cuci bersih wortel dan iris seperti korek api. Dan iris cabai merah bentuk serong.
  2. Panaskan wajan beri sedikit minyak, lalu Geprek bawang putih dan kita akan menumis bawang putih. 
  3. Apabila sudah berbau harum dan warna sudah kecoklatan, masukkan irisan wortel, kecap asin, saus tomat, saus sambal, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan air.
  4. Masak sampai mendidih dan wortel matang dan empuk, masukkan irisan cabai merah.
  5. Cicipi rasanya sesuaikan selera manis dan asin anda. Tambahkan garam atau gula ya sampai pas rasanya.
  6. Angkat.
Sajikan calamari dengan saus asam manisnya. 

Penyajian saya pagi ini di meja makan, langsung ludes tak bersisa.. ^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment