Elrecipy.com

Muffin Lemon Keju (Lemon Cheese Muffins)



Pagi ini tiba-tiba saya ingin sekali makan muffin. Muffin enak yang tidak terlalu manis, bukan rasa coklat, bukan juga bluberry, saya lebih kepingin makan muffin keju. Yaah, muffin keju yang lembut, manis, asin, gurih, nyaamm.. Yah, siapa yang tak suka dengan keju? Memang tak semua orang menyukai olahan dari susu ini. Padahal keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena anak kecil membutuhkan protein yang lebih banyak dibanding orang dewasa. Dan saya selalu menyetok keju di kulkas untuk campuran roti panggang camilan si bocil.

Kemudian berbekal keinginan yang dalam, saya mencari cari resep yang sesuai selera. Blog JTT selalu jadi buku resep pertama saya. Sepertinya selera penulisnya hampir sama dengan selera saya yang suka makanan enak. ^_^
Saya baca perlahan, nah ternyata semua bahan yang dibutuhkan tersimpan di lemari dapur saya, cucok sekali, pikir saya.. Ditambah cara mengolahnya yang tak pakai repot karena adonan hanya diaduk saja tanpa mixer. Mudah kan?

Penasaran? yuk kita langsung lihat resep dan caranya..

Muffin lemon keju

resep diadaptasi dari Allrecips.com,Bacon cheese muffins dan Justtryandtaste.com,Lemon cheese muffin

Untuk 10 muffins

Waktu persiapan 15 menit, waktu memasak 20 menit, waktu penyajian 40 menit

Bahan-bahan:

- 120 gram keju parut
- 250 gram tepung terigu protein sedang, saya pakai tepung cakra
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon atau bisa diganti dengan 1 sendok teh lemon zest(ekstrak lemon)
- 3 sendok teh baking powder double acting
- 100 gram mentega cair
- 2 butir telur ayam
- 150 gram gula pasir
- 235 ml susu cair
- 20 gram keju parut, untuk taburan

Cara membuat:

1. Panaskan oven di suhu 200'Celcius. Siapkan cetakan loyang muffin alasi dengan kertas. Saya menggunakan kertas cupcakes yang saya letakkan di tiap lubang loyang. Atau anda juga bisa menggunakan cetakan bolu kukus yang dialasi kertas cupcakes. Sisihkan.

2. Campur tepung terigu dan baking powder, ayak. Sisihkan.

3. Dalam wadah terpisah kocok telur menggunakan kocokan balon, masukkan gula pasir, garam, mentega cair, juga kulit jeruk lemon, aduk rata.



4. Tambahkan tepung terigu dan paking powder, aduk bergantian dengan susu cair. Aduk aduk hanya sampai tercampur rata saja. Jangan berlebihan mengaduknya. Bila masih ada yang menggumpal biarkan saja, nanti gumpalan itu akan hilang menyatu seiring di oven. 

5. Masukkan keju parut, aduk rata.


6. Masukkan adonan ke dalam cetakan kurang lebih 3/4 nya saja, karena nanti adonan akan mengembang jadi jangan terlalu penuh mengisinya.

7. Panggang dalam oven selama 10 menit, keluarkan dan taburi dengan keju parut, kemudian masukkan lagi ke oven, panggang selama 30 menit atau sampai kue matang. Tes kematangan dengan menusukkan lidi, apabila tidak ada adonan yang menempel berarti kue telah matang.

8. Keluarkan dari oven dan biarkan agak dingin sebentar. Muffin keju siap disantap. ^_^





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment