Elrecipy.com

Nugget Ayam Wortel atau Jagung Sama Lezatnya Buat Si Bocil


Karena si papa tidak memperbolehkan saya untuk membeli nugget olahan untuk persediaan makan si bocil, karenanya saya memutar otak bagaimana saya bisa memberikan makanan serupa dengan tingkat kebersihan dan keamanan yang paling mumpuni. Ya, satu satunya cara dengan membuatnya sendiri. Berbekal pesan mama mertua yang menyarankan untuk membuat semua makanan sendiri, saya pun bertekad untuk membuat si nugget imut idaman di dapur.


Kebetulan ketika ke pasar sabtu kemarin saya menyempatkan untuk membeli sepotong daging ayam fillet, sedangkan wortel sudah ada dalam lemari pendingin saya. Memang sudah saya rencanakan bahwa suatu waktu saya akan mengolahnya menjadi panganan nugget pelengkap lauk si bocil.
Berselancar di dunia maya sebentar, mencuri curi waktu ketika si bocil sedang tertidur lelap di kamarnya, saya pun mendapatkan resep ini yang sepertinya menggugah selera saya untuk segera ikut mempraktekkan membuatnya.


Langsung kita lihat yuk! ^^

Nugget ayam wortel atau jagung

resep diadaptasi dari blog justtryandtaste dan modifikasi sendiri

Bahan-bahan nugget:

- 250 gram daging ayam giling / cincang
- 1/4 buah wortel serut kasar / potong dadu
- 1/2 buah bawang bombay cincang kasar
- 2 siung bawang putih, cincang kasar
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh gula
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 3 sendok makan tepung tapioka / sagu / aci / bisa juga menggunakan tepung maizena
- 3 sendok makan mayonaise
- 1 butir telur
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan kecap ikan

Jika anda lebih suka menggunakan jagung manis ketimbang wortel, maka siapkan:
- 1 buah jagung manis (resep asli tidak pakai)

Untuk membuat nugget ayam jagung, bahan wortel diganti dengan jagung yang disisir lalu dicincang kasar.

Cara membuat:

Saya pakai pinggan tahan panas, diolesi dengan minyak sayur. Pastikan loyang pas dengan kukusan yang anda miliki, karena nanti kita akan mengukusnya. Sisihkan.




Haluskan daging ayam, wortel, atau jagung bisa menggunakan blender/ copper atau dengan cara dicincang.
Saya membuat 2 adonan, yang satu memakai wortel dan yang satu lagi memakai jagung.
Adonan nugget wortel:


Adonan nugget jagung:


Campur semua bumbu dan aduk-aduk rata. Kemudian tuang di loyang/ pinggan, kukus kurang lebih setengah jam atau sampai matang.
Adonan nugget wortel:


Adonan nugget jagung:


Setelah dingin, keluarkan adonan nugget dan potong potong sesuai selera.


Siapkan putih telur dan tepung panir di mangkok terpisah, kita akan mengguling gulingkannya bergantian. ;)
Lumuri nugget dengan putih telur, kemudian gulingkan di tepung panir. Untuk hasil yang lebih tebal, ulangi masukkan ke putih telur sekali lagi dan ke tepung panir. Agak di remas remas supaya tepung menempel ya.

Setelah itu goreng diminyak panas sampai berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan, dan sajikan.

Apabila belum ingin disantap, simpan dalam wadah tertutup seperti tupperware dalam kulkas untuk persediaan sampai satu bulan. 

Bila anda kurang suka dengan tepung panir, anda bisa langsung mengolahnya dengan menggorengnya langsung atau dibalut telur kocok. Sama lezatnya. Sehat dan aman buat si kecil, itu pentingkan?... ^_^


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment