Elrecipy.com

Chocolate Banana Cake - Kue Coklat Pisang yang Rasanya Tak Bisa Diungkapkan dengan Kata kata


Malam minggu kemarin kami bertiga ditambah ardi adik saya pergi ke suatu undangan. Sebenarnya bukan kami yang diundang, melainkan mama saya. Tetapi karena mama terpaksa tidak bisa hadir, karenanya beliau meminta saya, si papa, si bocil, dan adik saya yang menghadiri undangan sahabatnya itu. Diundangan tertera pukul 7 acara dimulai dan setengah enam sore kami baru berangkat dari rumah menuju sebuah gedung di bilangan jalan sudirman jakarta. Sampai di tol 'kebon jeruk' banyak mobil sudah mengantri. Macet di malam minggu memang tidak bisa dilewatkan. Di tengah jalan sejenak si papa merasa putus asa kalau acara sudah selesai dan kami baru sampai lokasi, sebenarnya lebih cemas kepada hidangan yang tak bersisa seperti pengalaman kami waktu menghadiri undangan waktu yang lalu. Yap, karena kami datang agak terlambat semua makanan yang disajikan ludes. Itu menyisakan trauma yang mendalam karena batal memuaskan perut yang lapar. ^_^.


Tetapi untungnya ketika kami sampai di pintu tol 'dalam kota' jalanan lenggang, dan sampailah kami di jalan sudirman lalu masuk ke gedung tempat acara berlangsung dan jam menunjukkan pukul 8. Ternyata kami menghabiskan waktu selama hampir 3 jam di jalan. Badan pegal-pegal tapi untungnya si bocil tertidur dan tidak rewel. Sungguh senang hati saya, karena pastinya nanti si bocil akan menikmati acara itu dengan badan yang segar.


Dan walaupun kami datang terlambat 1 jam, hidangan masih melimpah ruah. Cicip sana cicip sini, semua dicoba. Ini baru namanya pesta. Menunya serba Asia dan Western. Dari sushi, bulgogi, bebek peking, dimsum, zupa sup, salad buah dan sayur, sampai sate ayam pun masih tersedia untuk dicoba. Si bocil memilih 2 buah jeruk untuk dibawanya pulang. Dan saya tertuju pada menu kue mini chocolate cake yang moist dengan dibalut chocolate ganache lembut yang rasanya tidak cukup membuat saya hanya makan 1 buah saja. Hmmm, yummy.. Tiba-tiba sebuah ide untuk membuat chocolate cake ini muncul, dan saya akan segera membuatnya dengan rasa yang lebih nendang pastinya. Tapi saya akan mencari resep yang No repot karena saya sedang malas menggunakan mixer.

Bukan kebetulan saya mempunyai 3 buah pisang yang sudah terlalu matang. Si bocil saja enggan memakannya, dan saya juga sedang malas menyantap si buah. Saya memang berencana untuk mengolah saja pisang itu menjadi sebuah panganan. Langsung saya lumatkan si pisang menggunakan garpu yang akan saya campurkan ke kue coklat idaman. Resep yang mudah sudah ditangan dan impian saya untuk menyantap kue lezat ini akan segera terwujud.

Ini dia resepnya..

Chocolate banana cake

Resep diadaptasi dari web joyofbaking-Banana chocolate cake

Bahan-bahan cake:

- 300 gram gula pasir (resep asli 400 gram)
- 245 gram tepung terigu protein sedang
- 75 gram coklat bubuk
- 2 sendok teh baking powder double acting
- 1/4 sendok teh garam
- 2 butir telur ukuran besar
- 3 buah pisang matang (resep asli 2 buah), lumatkan
- 240 ml air hangat
- 120 ml susu cair
- 120 ml minyak sayur atau bisa diganti dengan mentega cair
- 1 sendok teh vanila bubuk

Bahan chocolate ganache:

- 200 gram coklat masak / coklat blok
- 150 ml krim kental
- 1 sendok makan mentega

Cara membuat cake:

1. Panaskan oven, set di suhu 180'C

2. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm, olesi dengan mentega cair dan taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.

3. Siapkan wadah, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, coklat bubuk, dan vanila bubuk. Aduk rata dan sisihkan.


4. Di wadah besar terpisah kocok telur dengan kocokan kawat balon, kemudian masukkan mentega cair,  susu cair, dan air hangat. Air hangat ini jangan terlalu panas ya, nanti telur bisa matang. Lalu masukkan lumatan pisang, aduk hingga tercampur rata.

5. Terakhir masukkan campuran tepung tadi, aduk rata menggunakan spatula.

6. Tuangkan adonan ke loyang dan panggang selama 35 sampai 40 menit, atau hingga tidak ada adonan yang menempel ketika lidi ditusukkan ke kue. Itu artinya kue sudah matang.

7. Keluarkan kue dari oven, balikkan kue di piring atau rak kawat, dan biarkan dingin. Ganache yang akan dioleskan harus menunggu kue benar benar dingin.

Cara membuat ganache:

1. Potong kecil-kecil coklat masak, sisihkan.

2. Didihkan krim kental bersama mentega, lalu tuang dalam mangkuk coklat. Aduk-aduk sampai coklat meleleh dan tercampur rata.


3. Kemudian setelah dingin, kocok cepat menggunakan kocokan balon sampai tekstur ganache menjadi lembut. Dan ganache siap dioleskan di atas cake.


Mari segera disantap, karena saya tahu anda juga pasti tergoda untuk segera menikmatinya bersama keluarga. Rasa coklat ganache yang lembut, dan cake coklat pisang yang moist.. So yummy... Sungguh.. ^_^..

Oya, buat anda yang sedang malas membuat ganache (takut lipatan lemak bertambah, ^_^v), cake ini juga tetap makyoos kok disantap tanpa ganache. So, jangan urungkan niat anda membuatnya yaa.. ^_^

Source:
- web joyofbaking - Chocolate banana cake

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment