Elrecipy.com

Sambal Petis Daun Mantang Hasil Kebun Sendiri ^_^


Setiap pagi dan sore saya selalu bermain di kebun depan rumah. Bukan kebun sebenarnya hanya sebuah tanah sepetak yang memang disisakan untuk menyalurkan hobi berkebun. Saya selalu mengecek pohon mantang ini yang pertumbuhan daunnya secepat merebus air -lebaydotkom..
Waktu itu saya menanam mantang ketika sisa mantang kolak pisang waktu yang lalu, sudah tumbuh tunas. kasihan kalau dibiarkan tumbuh di dapur, pikir saya. Dan jadilah pohon mantang dengan daunnya yang rimbun walaupun baru seumur jagung. 


Karena risih melihat daunnya yang rimbun, sebenarnya lebih karena takut kalau kerimbunan itu dimanfaatkan oleh beberapa hewan kecil yang menggelikan, maka saya meminta mama mertua untuk memangkas saja daunnya. Dan mama memberikan sebuah ide untuk mengolahnya menjadi sebuah makanan yang nikmat.


Okelah kalau begitu, saya akan memakannya bersama sambal petis hasil ngulek sendiri..;) Dan makanan ini adalah kesukaan si papa mertua.

Langsung kita lihat resepnya yuk..

Sambal petis daun mantang

resep mama mertua

Bahan-bahan:

- 2 ikat Daun mantang segar
- 3 butir bawang merah
- 1 sendok asem jawa
- 100 gram gula jawa
- 1/4 sendok teh garam
- 5 buah cabai rawit

Cara membuat:


Cuci bersih daun mantang, dan anda bisa memasaknya dengan cara direbus atau dikukus sampai matang.

Siapkan bawang merah, gula jawa, garam, cabai, dan asem jawa, haluskan. Cicipi, dan sesuaikan rasa asin dan manisnya.


Sajikan bersama daun mantang rebus sebagai pasangannya.
Nyam nyam, makanan tradisional yang nikmat..

Buat yang belum pernah makan makanan seperti ini, silakan mencoba ya...;) dijamin sehat.. ;)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment