Elrecipy.com

Swiss Roll Cake Aroma Pandan Polkadot Merah Jambu dan Obsesi Bolu Gulung


Membuat resep ini memang perlu keberanian khusus. Saya berkali kali gagal untuk membuat bolu gulung yang rasanya lembut, manis tapi tidak eneg, dan ngeju, pokoknya ingin seperti bolu meranti yang terkenal seantero itu. Membayangkannya saja membuat saya menjadi menelan angin. Tapi jarak yang memisahkan kami. Si bolu tak buka cabang di jakarta, dan kenapa juga saya selalu gagal membuatnya. 



Dan kali ini yang saya posting adalah keberhasilan saya membuat bolu gulung ala swiss dengan teknik pisah telur yang hanya bisa dibilang cukup berhasil. Tidak buruk tapi juga tidak keren. Bagaimana coba?
Rasa sih lumayan nendang keju karena saya terobsesi dengan si bolu meranti rasa keju. Sehingga parutan keju saya tabur melimpah. Untuk rasa bolunya, hmmm saya harus jujur, masih terasa telor. Dan tampilan? kesalahan saya adalah menggunakan loyang persegi untuk bolu biasa, sehingga space untuk menggulung kue agak terbatas, berimbas pada roti dasar yang tebal alhasil gulungan kurang sempurna. Maklum koleksi loyang saya masih terbatas.



Yap, ini praktek kue bolu pertama saya yang cukup berhasil, biasanya saya tidak mujur ke hasil roti yang bantat ataupun patah ketika digulung. Jadi anda mau kasih nilai berapa pada bolu gulung saya kali ini? Tak apa, saya terima. Tapi kapan kapan pasti akan saya coba lagi dan hasilnya anda pasti rela untuk memberi nilai saya 9 dan 10. Tunggu postingan saya yaa ^_^

Jika anda berani untuk mencobanya ini dia resepnya yang saya ambil dari beberapa sumber..^_^

Swiss Roll Cake Aroma Pandan Polkadot

resep diadaptasi dari Recipe Can-Sakura swiss roll

Bahan 1:

- 4 buah kuning telur ukuran besar
- 40 gram minyak goreng atau 2 1/2 sendok makan
- 40 gram susu cair atau 2 1/2 sendok makan
- 20 gram gula pasir
- 70 gram tepung terigu
- 1 sendok teh vanila bubuk

Bahan 2:

- 4 buah putih telur ukuran besar
- 60 gram gula pasir

Bahan 3:

- 1 sendok teh Essence hijau aroma pandan
- 1/2 sendok teh essence merah muda

Bahan 4:

- 50 gram krim kental
- 100 gram keju parut

Cara membuat:

Siapkan loyang panjang (kesalahan saya pakai loyang persegi) untuk cake gulung. Olesi dasar loyang menggunakan mentega dan tutup dengan alas kertas roti kemudian olesi juga permukaan kertas dengan mentega agar cake nanti tidak terlalu lengket pada kertas, oles rata. 

Sebaiknya gunakan kertas roti kualitas bagus agar cake mudah dikelupas dari kertas dan kertas juga tidak mudah robek ketika digunakan untuk membantu menggulung cake. Dan lebihkan kertas disetiap sisi agar memudahkan mengeluarkan cake dari loyang.


Campur bahan 1, kocok menggunakan kocokan balon, tapi sisakan tepung terigunya dahulu. Kocok agar tercampur rata saja, sampai gula larut. Kemudian tambahkan terigu aduk rata. Adonan akan menjadi agak kental. Sisihkan.


Siapkan mangkuk, Kocok putih telur dengan speed sedang sampai mengembang, masukkan gula sesendok demi sesendok. Pastikan gula tercampur dengan rata sebelum menambahkan gula berikutnya. Kocok sampai putih telur kaku atau membentuk adonan yang kental dan ketika mixer diangkat adonan tidak jatuh terkulai. Hentikan mixer apabila sudah mencapai tahap ini. Over mixing akan menyebabkan putih telur mencair. Dan anda akan mematikan beberapa kali untuk mengecek tahap ini.


Ambil adonan kuning telur dan beri satu sendok adonan putih telur, aduk cepat. Hal ini digunakan agar adonan kuning telur sedikit agak cair. Setelah itu masukkan semua adonan putih telur ke adonan kuning telur aduk dengan cara aduk balik. Aduk dengan lembut, jangan terlalu cepat mengaduknya. Untuk menjagar adonan putih telur tidak kempis.

Panaskan oven, set di suhu 150'C.


Ambil mangkuk kecil dan tuang 2 sendok adonan, campur dengan essence warna merah muda untuk membentuk motif di dasar loyang. Masukkan adonan merah muda ini ke dalam kantong plastik segitiga, ikat rapat kemudian gunting ujungnya dan semprotkan bentuk bulat seperti di gambar. Masukkan ke freezer sekitar setengah jam agar adonan mengeras. 

Kemudian beri essence hijau pandan pada adonan cake.
Setelah bulatan mengeras, tes dengan ujung jari untuk kekerasannya, keluarkan dari freezer kemudian tuangkan adonan hijau pandan tadi diatasnya. Goyang-goyangkan loyang hingga adonan rata menutupi loyang. Sekali dua kali hentakkan loyang agar tak ada udara yang tertinggal di dasar loyang.


Panggang dalam oven kurang lebih selama 20' atau sampai tak ada adonan yang menempel ketika lidi ditusukkan ke adonan cake. Keluarkan cake.


Tarik kue keluar dari loyang perlahan. Siapkan selembar kertas baking di meja, kemudian balikkan kue diatas kertas baking tadi. Balikkan lagi diatas selembar kain bersih. Alasi atas kue dengan kertas, agar memudahkan ketika kita akan mengoles dalamnya dengan selai atau krim. Gulung. Bungkus dengan kain, biarkan dingin. Pastikan kue benar-benar dingin saat kita mengoles krim.


Sambil menunggu cake nya dingin, siapkan mangkuk, kocok krim kental, saya menggunakan whipping cream merk Anchor. Buka gulungan kue tadi perlahan, kemudian olesi dengan kocokan krim, taburi permukaannya dengan keju parut. Kemudian gulung kue kembali. Simpan dalam kulkas sampai kue sedikit keras agar mudah dipotong-potong. Sajikan. ^_^


Sources:
Recipe Can-Sakura swiss roll
Delicious magazine-How to make a swiss roll




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment