Elrecipy.com

Mun Tahu dengan Rumput Laut, Daging Cincang dan Udang - Lengkap Sehat Buat Si Bocil Tersayang


Pagi ini saya kehabisan akal, menu apa ya yang pas tepat buat sarapan si bocil. Tiba-tiba blank dan gak ada ide. Masak iya tiap hari harus memanen bayam dan memasaknya menjadi bening bayam? Saya senang saja memasaknya, tapi saya lebih takut kalau si bocil sampai bosan dan enggan makan. Kemudian saya cek kulkas bahan apa yang tersisa disana. Wah ternyata saya masih punya 4 buah tahu putih dan sepotong wortel, di freezer ada daging ayam kampung cincang dan udang yang baru saja saya beli semalam di supermarket yang satu gedung dengan bioskop. Ya, semalam saya, papa El dan si bocil nonton film di bioskop. Si bocil senang sekali kalau diajak pergi nonton walaupun sebenarnya dia belum mengerti arti film yang kami tonton itu, umurnya kan belum genap umur jagung. ^_^.. Kembali ke masakan,,

Yes.. Akhirnya dapet ide juga untuk membuat sarapan si bocil. Penuh gizi karena saya mencampurnya dengan daging ayam kampung cincang, udang, sebagai protein hewani dan tahu, rumput laut, sebagai protein nabati, juga wortel, daun bawang untuk sayurannya.


Nenek saya yang menurunkan resep ini beberapa tahun yang lalu ketika saya masih sekolah dulu. Sekarang walaupun nenek sudah pergi, beberapa resepnya masih teringat jelas di kepala saya. Bumbunya hanya 2 macam, yaitu bawang putih dan jahe. Biasanya anak kecil seperti bocil saya kurang suka dengan jahe, karenanya saya hanya menggunakan 1/3 dari resep asli. Masakan chinese food berjenis kuah seperti ini memang lebih banyak bertumpu pada dua buah bumbu dasar saja yaitu bawang dan jahe. Jadi sangat cocok disantap ketika musim hujan tiba seperti sekarang ini sebagai penghangat tubuh.

Kita lihat resepnya yuk. Siapa tau anda juga mau untuk membuatkannya sebagai menu sarapan si kecil kali ini kan? ^_^

Mun Tahu dengan rumput laut, daging cincang, dan udang

Resep asli nenek saya

Untuk 1 porsi

Waktu persiapan: 25 menit, waktu memasak 15 menit, waktu penyajian 10 menit

Bahan-bahan:
- 2 butir bawang putih, cincang.
- 1 cm jahe / setengah ruas jari telunjuk, geprek
- 4 potong tahu putih lembut / tahu sutera
- 1/2 buah wortel
- 1/2 piringan rumput laut kering, potong-potong
- 70 gram daging giling ayam / sapi
- 6 ekor udang buang kepalanya
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kecap asin
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh minyak wijen (sesame oil)
- 2 lembar daun bawang
- 1 sendok makan tepung maizena / tepung sagu, larutkan dengan air
- minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. cuci bersih udang, sisihkan. Potong dadu kecil wortel, sisihkan. Ambil 2 buah tahu haluskan menggunakan garpu. 2 buah tahu yang lain potong dadu. Kemudian siapkan daun bawang, potong-potong sekitar 1-2 cm.
 

2. Panaskan wajan beri sedikit minyak untuk menumis bawang.

3. Setelah bawang berwarna agak kecoklatan masukkan daging cincang dan wortel, masak sampai daging matang / berubah warna dan wortel empuk.

4. Tambahkan saus tiram, kecap asin, minyak kedelai, garam dan gula.

5. Kemudian masukkan tahu yang sudah dihancurkan dan tahu potong dadu tadi, tambahkan air, masak hingga mendidih.

6. Setelah mendidih, masukkan larutan tepung maizena dan terus diaduk rata. Untuk menghasilkan kuah yang agak kental. Apabila anda tidak suka menggunakan larutan tepung ini tinggal skip saja penggunaannya ya.

7. Terakhir masukkan potongan daun bawang.



8. Mun tahu siap dihidangkan hangat-hangat.


Source:
- resep asli nenek saya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment