Elrecipy.com

Bola-Bola Tahu - Teman Minum Susu


Beberapa hari ini semangat saya untuk menyalakan PC sedikit berkurang. Weekend kemarin yang membuat mood saya agak hilang. Hampir setiap weekend malah. Karena ada si papa di rumah dan pasti kami pergi bermain keluar rumah, entah hanya jalan-jalan ataupun nonton ke bioskop. Dan kemarin sabtu kami pergi ke Teraskota untuk menyenangkan si bocil nonton burung pinguin yang lucu. Senang rasanya ketika melihatnya tertawa melihat tingkah konyol si pinguin, atau tertegun pada sosok gurita monster yang aneh. Ekspresi dan celoteh si bocil membuat kami orang tuanya tak berhenti tertawa. 

Dan setelah weekend, kemalasan itu masih hinggap di tubuh saya. Tapi tenang saja, sedikit demi sedikit badmood akan berganti dengan goodmood. Dengan memasak dan mencoba resep-resep baru pasti membuat saya kembali bergairah. Dari kemarin saya sedang memikirikan tentang sebuah cake untuk ulang tahun salah satu keponakan untuk hari Kamis nanti. Mamanya meminta bertema mickey mouse karena si kecil teramat suka dengan si tikus lucu. Itu membuat saya kepikiran. Berimbas pada ide memasak saya.

Anyway, sementara ide cake ulangtahun mickey itu saya kesampingkan sebentar. Saya mau membuat kudapan lebih tepatnya cemilan sore buat si bocil tersayang. Masih berbahan dasar tahu, karena tahu ini memang enak sekali, lembut dan lezat cocok untuk dimasak apa saja. Hampir setiap pagi saya membelinya dari si abang penjual tahu keliling. Belum lama saya menjadi pelanggan tetapnya. Waktu itu mbak Monik tetangga saya yang menyarankan kalau tahu si abang ini enak sekali. Karena penasaran saya ikut membelinya juga. Ternyata saya juga ketagihan pada si abang. Ketagihan tahu pastinya ya.^_^.

Kali ini saya ingin membuat tahu yang dibentuk bulat. Saya hanya menambahkan daun bawang saja. Sebenarnya agar rasanya lebih nendang, anda bisa juga berkreasi dengan menambahkan daging cincang, udang ataupun ayam. Tapi karena tak ada persediaan daging cincang atau teman-temannya saya membuat yang polosan saja, rasa original lebih kerennya. Hehehe. 
Tanpa rasa daging pun, si bocil minta terus dan terus, cemal cemil gitu terus. Setelah habis satu bola tahu lalu diselingi minum susu, setelah itu dia minta lagi. Enyak katanya. Lucu melihatnya makan, sampai lupa mau foto bola tahunya. Akhirnya tinggal sisa segitu saya amankan dan foto dulu. ^_^

Oke langsung kita cek yuk.

Bola - bola tahu

resep by me

Bahan-bahan:

- 4 buah tahu, uk 3 x 3 cm
- 1 butir telur
- 2 buah bawang putih kating
- 1 sendok teh garam
- sepucuk sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 batang daun bawang, iris halus
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Lumatkan tahu menggunakan garpu sampai hancur. 



Haluskan bawang putih, masukkan ke lumatan tahu bersama garam, kaldu bubuk, merica bubuk, dan telur. Aduk sampai rata.

Masukkan daun bawang, aduk lagi sampai tercampur rata.

Bentuk bulat menggunakan dua buah sendok.


Panaskan minyak, goreng bulatan tahu tersebut sampai berwarna kecoklatan.


Angkat dan tiriskan. 

Sajikan di piring bersama cabai rawit hijau.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment