Elrecipy.com

Mini Genji Pie Homemade


Kemarin iseng cari-cari resep untuk cemilan di saat merayakan natal, juga untuk menghabiskan stok puff pastry instan yang masih tersisa dari membuat pisang molen. Dan pilihan jatuh pada resep mirip genji pie yang dijual di pasaran itu. Citarasanya gurih dan manis membuat saya ingin segera mencobanya. Kalau anda lihat foto-foto saya sepertinya bentuk snack pie ini masih jauh dari sempurna ya? Maklum, baru pertama membuat dan masih meraba-raba cara membuat bentuk yang cantik bagaimana. Saya pikir walaupun dibuat tipis, adonan bisa mekar besar ketika dipanggang. Ternyata hanya menambah beberapa inci saja tebalnya. ^_^. Saran saya kalau anda ingin mencobanya, jangan menggilasnya kuat-kuat ketika adonan sudah dilipat, juga melipat 'pintu'nya beberapa kali lapisan agar lipatan lebih 'gendut'.




Tapi walaupun begitu, satu toples yang saya buat sudah habis sebelum hari natal. ^_^. Si bocil menemani saya ketika membuatnya, dan saat pie ini keluar dari oven dia sangat gembira sekali untuk minta mencicipinya. 'Mauuuu' katanya sambil memoncongkan bibirnya yang mungil. Kontribusinya sudah menghabiskan setengah toples sendiri seketika itu juga. Hehehe.

Yuk mari kita coba, siapa tahu si bocil anda juga menyukainya kan? Tak perlu pergi ke toko untuk membelinya, cukup ke dapur saja. Hemat. ^_^


untuk 1 toples

Bahan-bahan:

- 3 lembar puff pastri instan
- gula pasir secukupnya
- tepung terigu secukupnya
- mentega untuk olesan loyang

Cara membuat:

- Panaskan oven, set pada suhu 180'C

- Siapkan meja, taburi dengan tepung terigu, agar adonan puff pastry tidak lengket


- Ambil satu lembar puff pastry instan lalu taburi dengan gula pasir di seluruh bagian, gilas tipis agar gula pasir menyatu dengan adonan puff pastry. Sebelumnya taburi terigu agar tidak lengket saat menggilasnya.


- Setelah digilas agak tipis, kemudian lipat disisi kanan dan kirinya, seperti membuat pintu di lukisan SD ^_^, taburi dengan gula pasir dan gilas tipis agar gula pasir menyatu dengan adonan. 
- Dan lipat satukan kedua sisi kanan kirinya.

- Taburi lagi sisi ini dengan gula pasir, gilas tipis agar gula menyatu.

- Setelah itu potong-potong dengan ketebalan sekitar 1-2 cm.


- Siapkan loyang dan olesi dengan mentega.


- Tata adonan genji pie itu di loyang, dan panggang kurang lebih 20 menit, atau tergantung dari masing-masing oven yang anda pakai ya.

- Jika sudah berwarna kekuningan, angkat dan dinginkan.


- Setelah dingin masukkan dalam toples, dan tutup rapat.

Selamat mencoba.

Enjoy!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments: