Elrecipy.com

Pisang Bolen Cokelat Keju

            

Beberapa hari yang lalu saya menyempatkan untuk membeli satu sisir pisang uli. Buah baru masak berwarna kuning setelah beberapa hari saya diamkan di atas meja. Setelah masak, saya berencana untuk membuat pisang goreng kesukaan papa dan si bocil. Tapi kok sepertinya bosan ya kalo hanya digoreng-goreng saja. Hmm, setelah blogwalking sebentar ternyata sebuah ide muncul begitu melihat hasil jepretan para foodfotografi yang mengabadikan pisang bolen khas bandung yang tersohor itu tapi buatan ibu ibu blogger. Sayangnya saya belum punya keberanian untuk membuat bahan dasar kulit pastry nya. Takut nanti hanya akan berakhir di tempat sampah. Sebenarnya karena sedikit malas ingin buru-buru menyantap si bolen, sehingga saya mengambil jalan pintas dengan menggunakan kulit pastry instan saja. Hati pun tenang karena jaman sekarang para ibu yang ingin memasak ala jalan pintas semakin dimanjakan dengan berbagai produk instan yang tersedia dipasaran. ^_^


Saya menggunakan kulit pastry instan merk Edo. Waktu itu saya membelinya di toko Bahan kue Puspita di Pasar Modern BSD, dan seperti biasa karena latah membeli dan belum tau mau diolah menjadi apa, si kulit pastry ini menginap di freezer beberapa minggu lamanya. Tapi tenang saja, saya akan menyulapnya menjadi pisang bolen yang enjoss sebentar lagi.


Cara membuatnya pun gampang bin mudah bila kita sudah mempunyai adonan kulitnya. Tinggal siapkan pisang, keju, meses atau bisa juga menggunakan coklat blok yang diserut kasar, dan gula pasir serta telur. Anda bisa menggunakan pisang dari jenis apapun ya, tapi untuk lebih enaknya gunakan pisang raja, kepok, atau uli seperti saya, yang sudah benar-benar matang agar manis. Sebenarnya pisang raja dan kepok lebih enak dibanding menggunakan pisang uli, saya sudah mencobanya dan rasanya sedikit kurang mantap dibanding raja dan kepok ya. Susun, digulung gulung dan di oven, jadi deh pisang bolen rumahan. Ini bisa jadi snack sore jika kita sedang tidak mendapatkan oleh-oleh dari sanak saudara ataupun tidak habis berlibur ke Bandung tempat si pisang bolen ini diciptakan. ^_^

Teman-teman, silakan dinikmati ya. Berikut caranya.

Pisang Bolen Coklat Keju

resep by me

Bahan-bahan:

- 2 lembar kulit pastry instan, bagi menjadi 8 bagian
- 6 buah pisang matang
- 100 gram keju
- 5 sendok makan cokelat meses
- 1 butir telur
- gula pasir secukupnya
- tepung terigu secukupnya

Cara membuat:

- Panaskan oven set di suhu 180'C, saya menggunakan oven kompor dengan api kecil.

- Potong pisang menjadi 2 dan belah lagi menjadi 3 bagian memanjang.

- Potong keju persegi panjang yang panjangnya sama dengan panjang pisang, kurang lebih 4 cm.

- Siapkan loyang olesi dengan margarin, sisihkan.

- Siapkan meja kerja anda dan taburi dengan tepung terigu, siapkan diri anda karena anda akan berkotor-kotor ria dengan tepung. ^_^

- Siapkan 1 lembar kulit pastry bagi menjadi 4 bagian letakkan diatas taburan tepung agar adonan tidak lengket, ambil satu taburi dengan tepung, kemudian tipiskan menggunakan penggilas kayu. Jangan lupa penggilas kayu anda juga lumuri dengan tepung ya agar adonan kulit pastry tidak lengket.

- Susun 3 buah pisang yang sudah diiris memanjang dengan keju, beri 1 sendok teh cokelat meses dibagian sisi kirinya, atau anda juga bisa menaburkannya menutupi pisang dna keju, lalu ambil 1 sendok teh gula pasir taburkan diatas pisang dan kejunya.

- Gulung dan lipat sisi kanan dan kirinya, sampai isi tertutup sempurna. Lakukan sampai habis.


- Tata dalam loyang, olesi dengan kocokan telur. Atau agar lebih kuning, anda bisa menggunakan kuning telurnya saja ya.


- Masukkan dalam oven dan panggang sampai matang, berwarna kuning emas.


 - Pisang bolen anda siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. ^_^. Si bocil suka banget sama pisang bolen buatan saya. Duh, senangnya hati ini.. ^_^






Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. Enak banget tu pisang pastinya...jadi laper ane deh.
    Tengkiu banget infonya gan!

    ReplyDelete