Elrecipy.com

Cake Ulang Tahun Koko Jeysen - Mickey Fondant


Tepat tanggal 11 Desember Jeysen berulang tahun. Jeysen adalah anak keponakan. Dan umurnya genap dua tahun. Kalau ketawa matanya sampai hilang saking sipitnya. Hehehe, kamu lucu nak. Dan untuk sekedar mengucap syukur atas bertambahnya usianya, orang tuanya mengadakan syukuran ala keluarga saja. Memang sengaja tak mengundang para tetangga karena berharap untuk tidak merepotkan mereka yang pasti menyiapkan kado untuk Jeysen. Jadilah kami merayakannya dengan memanjatkan doa mengucap syukur kemudian menyantap hidangan yang sudah dipersiapkan keluarga.

Dan saya pun ikut andil membuatkan kue ulang tahunnya. Mamanya sudah memesan 1 bulan sebelumnya. Kebetulan si Jeysen kecil suka sekali dengan kartun mickey. Tak berpikir lama saya langsung membuatkan cake berbalut fondan bergambar si tikus lucu itu. Gambar fondan mickey saya dapatkan dengan menjipak di kertas yang sudah bergambar mickey. Pengerjaannya lumayan gampang dan lumayan susah, ya karena saya masih amatiran. Maklum ya teman. ^_^ Tapi hasilnya bagus, kata si papa yang berusaha memuji saya sebelum cake dikirim. ^_^ Cake dasarnya saya membuat 2 lapis, lemon cake dan coklat cake, perbatasannya dioles dengan selai stroberry buatan yang masih sisa kemarin. 


Sebelum ditutup lapisan fondan, cake saya balut tutup dengan olesan buttercream. Saya menggunakan merk Rich untuk butter creamnya. Waktu itu saya juga membelinya di toko Puspita BSD, yah pokoknya lengkap deh disana. Kalau anda berdomisili didekat BSD, coba sesekali berkunjung ke Puspita pasti nanti jadi ketagihan seperti saya. ^_^ 
Whip Topping ini berbentuk cair, dibekukan di freezer dan kalau mau dipakai masukkan dalam kulkas bawah selama 1 hari agar mencair. Setelah itu tuang di wadah dan kocok sampai mengembang dan kaku. Satu kemasan itu saya beli sekitar 30 ribu, tapi irit bisa dipakai berulang-ulang. Saya baru memakainya 3 kali untuk mendekor cake dan sekarang setengah pun masih lebih.

Untuk bahan dasar cake nya saya buat seperti membuat lemon dan cokelat cake biasa. Mari kita simak yuk.

Berikut resep dasar cakenya.

Lemon Cake

resep by me

Bahan-bahan:

- 200 gram mentega / butter
- 200 gram gula pasir
- 200 ml susu cair (bisa mencampur 180ml air dengan 3 sendok makan susu bubuk)
- 3 butir telur
- 250 gram terigu
- 1 sendok teh baking powder double acting
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok makan essence lemon, atau anda bisa menggunakan air perasan buah lemon.
- 1 sendok makan parutan kulit lemon, agar harum

Cara membuat:

- Panaskan oven, set pada suhu 180'C, saya memakai oven kompor api kecil

- Siapkan loyang bulat, olesi dengan mentega, alasi dengan kertas kue, olesi lagi dengan mentega

- Dalam wadah campur mentega dan gula pasir, kocok hingga mentega lembut dan mengembang.

- Masukkan telur satu persatu. Kocok telur pertama hingga tercampur rata kemudian baru menambahkan telur berikutnya. Mengocok telur menjadi satu membuat adonan nanti menjadi bergerindil.

- Campur tepung dan baking powder dan garam, aduk rata, sisihkan.

- Kemudian masukkan campuran tepung bergantian dengan susu, sampai adonan tercampur rata dan kental. Masukkan juga essence lemon dan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata.



- Masukkan dalam loyang, lalu panggang kurang lebih 45 menit atau sampai cake berwarna kecoklatan. Lakukan tes lidi untuk memastikan kematangan cake ya. Jika tak ada lagi adonan yang menempel di lidi, berarti cake sudah matang.

- Keluarkan cake, dan dinginkan.

Cokelat Cake

Bahan-bahan:
- 200 gram mentega / butter
- 200 gram gula pasir
- 200 ml susu cair
- 100 ml dark cooking coklat, lelehkan
- 3 butir telur
- 200 gram terigu
- 50 gram coklat bubuk
- 1 1/2 sendok teh baking powder double acting
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

- Panaskan oven, set pada suhu 180'C, saya memakai oven kompor api kecil

- Siapkan loyang bulat, olesi dengan mentega, alasi dengan kertas kue, olesi lagi dengan mentega. Saya memakai loyang bongkar pasang.

- Dalam wadah campur mentega dan gula pasir, kocok hingga mentega lembut dan mengembang.



- Masukkan telur satu persatu. Kocok telur pertama hingga tercampur rata kemudian baru menambahkan telur berikutnya. Mengocok telur menjadi satu membuat adonan nanti menjadi bergerindil.

- Campur tepung, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata, sisihkan.

- Kemudian masukkan campuran tepung bergantian dengan susu dan dark cooking coklat yang sudah dilelehkan, sampai adonan tercampur rata dan kental. 

- Masukkan dalam loyang, lalu panggang kurang lebih 45 menit atau sampai cake berwarna kecoklatan. Lakukan tes lidi untuk memastikan kematangan cake ya. Jika tak ada lagi adonan yang menempel di lidi, berarti cake sudah matang.


- Keluarkan cake, dan dinginkan.


Pastikan cake benar-benar dingin baru di dekor.


Dekor Cake

- Ambil coklat cake dan olesi dengan selai strobery, kemudian letakkan lemon cake diatasnya.

- Setelah itu, kocok whipped cream sampai kental dan kaku, oles dan tutup semua cake.



- Giling fondan sampai kurang lebih setengah centimeter, sesuaikan besarnya dengan besar cake yang akan ditutup.

- Beribu maaf ya teman foto menggiling dan membuat gambar mickey lupa saya jepret, kemarin saking asyiknya mendekor fondan jadi lupa semuanya. Teringat pas hasilnya sudah jadi. ^_^

- Tapi untuk membuat gambar si mickey, anda hanya perlu menjiplaknya saja kok. Gambar mickey di kertas kemudian gunting dan gambar di fondan yang sudah ditipiskan. Atau jika anda tak bisa menggambar sudah banyak kok template yang bisa didownload untuk kemudian dicetak di fondant.

Dan hasil gambar saya bisa anda lihat ya, masih acak adul sepertinya, tapi not bad lah.. ^_^

Cake nya enak, kata yang menikmatinya.. ^_^



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments: